136 Mahasiswa Pilih UIR Dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Acara penyambutan 136 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi di Indonesia dalam program pertukaran mahasiswa merdeka

Beritaazam.com, Pekanbaru – Sebanyak 136 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi di Indonesia memilih Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru sebagai tempat belajar dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 tahun 2022.

Kedatangan ratusan mahasiswa ini disambut dengan meriah oleh Universitas Islam Riau (UIR) disalah satu hotel di Kota Pekanbaru, Senin, 12 September 2022.

Kegiatan PMM 2 di UIR ini akan menghabiskan waktu lebih kurang empat bulan dua minggu, yakni dimulai dari 8 September 2022 hingga 20 Januari 2023.

Mahasiswa program PMM 2 ini berasal dari beberapa Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri dari seluruh Indonesia. Di antaranya Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Airlangga, STKIP Invada Cirebon, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Haluoleo Kendari, Universitas Udayana Bali dan Universitas Yapis Papua.

Program PMM ini merupakan salah satu perwujudan dari pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial.

Pembelajaran dalam program PMM memberikan tantangan dan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangankan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian dan kebutuhan mahasiswa untuk siap menghadapi kemajuan zaman.

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan. Apalagi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester dari satu pulau ke pulau lain. Mahasiswa program PMM akan belajar kebhinekaan lewat Modul Nusantara, mata kuliah, dan aktivitas terkait sepanjang masa pertukaran di kampus yang menjadi tujuan.

Melalui Surat Pengesahan dan Surat Komitmen yang ditandatangani oleh Rektor UIR tertanggal 18 April 2022, UIR resmi mengikuti program PMM 2 sebagai Perguruan Tinggi Penerima.

Proses pemberkasan dan seleksi berjalan selama empat bulan. Di bulan Agustus 2022, UIR terpilih menjadi salah satu universitas penerima dari total 134 universitas terpilih lainnya dari seluruh Indonesia dan menjadi satu satunya universitas terpilih menjadi Perguruan Tinggi penerima pada program PMM 2 di wilayah Provinsi Riau.

Terkait tujuan dari diselenggarakannya kegiatan di bawah naungan Dirjen Pendidikan Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia bersama Kementerian Keuangan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah Meningkatkan kemampuan Perguruan Tinggi dalam mengelola program MBKM, khususnya pertukaran mahasiswa, memberikan gagasan pengembangan tata kelola program pada PT penerima dan pengirim dan penguatan sudut pandang mahasiswa yang memahami keberagaman masyarakat Indonesia.

Terkait pembagian bobot SKS, karena untuk diketahui bahwa mahasiswa yang mengikuti program PMM 2 akan melaksanakan proses belajar serta setiap mata kuliah atau SKS yang diambil tetap dikonversikan selayaknya seperti berkuliah di perguruan tinggi asal mahasiswa.

Sebagai contoh, para mahasiswa tersebut akan melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan maksimal SKS yang diambil adalah 16 SKS dan melaksanakan 25 kegiatan modul nusantara sebanyak 4 SKS. Lalu para mahasiswa PMM tersebut akan dibagi menjadi tujuh kelompok. Tiap kelompoknya akan dibimbing oleh Dosen Modul Nusantara yang juga berasal dari PT penerima.

Menurut Laporan dari Koordinator PMM 2 Universitas Islam Riau Ivan Taufiq SIKom MIKom, kegiatan ini tertuju kepada mahasiswa. Dan semua dilakukan atau diisi oleh para mahasiswa dari mahasiswa untuk mahasiswa.

“Melalui surat pengesahan dan surat komitmen dari Rektor UIR tertanggal 18 April 2022, UIR secara resmi mengajukan diri menjadi Universitas PT Penerima dalam program ini. Program PMM 2 ini dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristekdikti bersama Kementerian Keuangan dengan total nilai dana Rp870 juta,” ujar Ivan

Kepada para mahasiswa peserta PMM 2, imbau Ivan, dihimbau untuk jangan takut berkreasi dan berinovasi di UIR. Karena UIR kedepannya akan menjadi bagian dari keluarga serta menjadi cerita dan kenangan dalam perjalanan pendidikan para peserta PMM 2.

Hadir dalam Penyambutan Mahasiswa PMM 2 Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa PMM 2 yang telah memilih UIR selama satu semester kedepan

“Pertemuan ini sungguh sangat berarti bagi kami. Meski kita heterogen dalam budaya, ras dan agama, tetapi hal tersebut justru menjadi pemersatu. Maka dari itu, mari kita saling menjaga, menghargai, menghormati dan selalu aman dan damai selama di sini,” ajak Syafrinaldi.

Selanjutnya, adapun sambutan Kesan dan Harapan mewakili mahasiswa

Peserta PMM 2 dari Universitas Mataram Lombok, Teguh Atma Jaya mewakili mahasiswa menyampai kesab dan pesan kepada mahasiswa peserta PMM 2 untuk selalu menjaga lisan, tingkah laku, serta norma setempat dan menghargai keberagaman setempat yang telah ada sebelumnya.

Di Akhir acara dilanjutkan dengan pemasangan selempang dan Tanjak kepada dua perwakilan mahasiswa PMM 2 yang diberikan kepada Lidi Wati Aminah dari Universitas Alma Ata Yogyakarta dan Lalu Teguh Atma Wijaya dari Universitas Mataram Lombok.*

136 Orang dari 58 Perguruan Tinggi
Adapun universitas tersebut yaitu:
1. Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon : 11
2. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya : 1
3. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya : 6
4. Universitas Muhammadiyah Jakarta : 6
5. IKIP Budi Utomo Malang: 4
6. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya : 10
7. IKIP PGRI Wates Yogyakarta: 1
8. Universitas Diponegoro Semarang: 1
9. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong : 3
10. Universitas PGRI Yogyakarta : 1
11. Universitas Hamzanwadi Lombok, NTB: 2
12. Universitas Negeri Semarang : 2
13. STKIP PGRI Pacitan : 5
14. Universitas Al-Azhar Indonesia Jakarta : 1
15. Universitas Ibn Khaldun Bogor: 4
16. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Invada Cirebon : 2
17..Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya : 6
18. Universitas Alma Ata Yogyakarta: 8
19. Universitas Islam Bandung : 1
20. Universitas Kuningan : 4
21. Universitas Galuh : 1
22. STMIK Widya Pratama Pekalongan: 2
23. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM Jakarta: 1
24. Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang: 1
25. Universitas Muhammadiyah Kendari : 1
26. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya : 2
27. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: 7
28. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo : 5
29. Universitas Islam Malang : 1
30. Universitas PGRI Semarang : 3
31. Universitas Muhammadiyah Purwokerto : 1
32. Universitas Ivet Semarang: 1
33. Universitas Mataram : 2
34. Universitas Islam Makassar : 3
35. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto: 2
36. Universitas Madura : 2
37. Universitas PGRI Madiun : 2
38. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara : 1
39. Universitas Airlangga Surabaya: 1
40. Universitas Pamulang : 1
41. Universitas Udayana Bali: 3
42. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur : 1
44. Universitas Lambung Mangkurat Banjar masin: 1
45. Universitas Budi Luhur Jakarta: 4
46. Universitas Brawijaya Malang: 1
47. Universitas Muhammadiyah Magelang : 1
48. Universitas Garut :1
49. Universitas Halu Oleo Kendari :1
50. Universitas Islam 45 Bekasi: 1
51. Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global Banten: 1
52. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta : 1
53. Universitas Singaperbangsa Karawang : 2
54. Universitas Muhammadiyah Gresik : 1
55. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur : 1
56. Universitas Yapis Papua : 1
57. Universitas Wahid Hasyim semarang: 1
58. Universitas Sains Alquran wonosobo: 1