Religi  

447 jemaah Kloter 6 BTH Tiba di Batam, Total Jemaah Riau Telah Kembali 952 Orang

Beritaazamcom, Pekanbaru – 441 jemaah Haji, 4 Petugas kloter dan 2 Petugas Haji Daerah (PDH) asal Provinsi Riau yang tergabung dalam kloter 6 BTH tiba dengan selamat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa Malam (2/8/22) pukul 20.50 Wib. Jemaah berasal dari kota Pekanbaru tersebur selanjutnya akan di berangkatkan ke Pekanbaru dengan tiga kali penerbangan menggunakan pesawat Lion Air dari pukul 01.20 Wib.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau selaku Wakil Ketua I Panitia Pemyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Antara Riau Dr. H. Mahyudin, MA mengatakan jemaah haji kloter 6 BTH ini diberangkatkan dari Bandara Internasioanl Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 7.30 WAS dan tiba di Bandara Hang Nadim Batam pukul 20.50 Wib.

“Alhamdulillah, jemaah Riau yang tergabung didalam kloter 6 BTH telah selamat sampai di Batam, sebanyak 447 jemaah kita kembali ke tanah air, 1 orang meninggal di kota Makkah sesaat menjelang keberangkatannya ke kota Madinah. Setelah diistirahatkan di Bandara Hang Nadim Batam, jemaah akan di berangkatkan menuju Pekanbaru,” ucapnya.

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan hingga kloter ke 6 BTH sudah 952 Jemaah Haji Riau kembali ke tanah air. jemaah yang tiba di debarkasi haji antara Riau akan dilakukan tes antigen atau PCR.

“Sebagaimana kloter sebelum nya, jemaah yang kembali ke tanah air akan dilakukan tes antigen atau swab PCR untuk memastikan jemaah tidak terkonfirmasi covid – 19 setelah melakukan perjalanan luar negara,” imbuhnya.

Jemaah yang di ketuai oleh H. Fahmi Wahyudi, Pemandu Ibadah Dr. H. M. Fakhri, MA dan Vera Oktarina sebagai dokter kloter serta Damsir Soleh Topah sebagai paramedis, juga Hasbirullah dan Pria Budi sebagai PHD disambut tim PPIH Riau yang bertugas di Batam H. Amri Fitri, Syarianto, Yeni Sasmira dan Mastuti.

Menurut laporan Pembimbing Ibadah Kloter 6 BTH Dr. H. M. Fakhri, MA, jemaah haji Riau dan petugas yang diberangkatkan pada tanggal 21 Juni 2022 tersebut berjumlah 448 orang, pada saat kembali ke tanah air satu orang meninggal dunia di Mekkah atas nama Bahari Said Bin Said Kubin meninggal di Hotel / Maktab 28, Sabtu (23/7/2022) Pukul 02.30 WAS, sehingga jemaah Riau yang kembali saat ini berjumlah 447 orang.

“Sementara itu jemaah haji kloter 6 BTH yang sempat di rawat di RS King Faisal Makkah karena strok atas nama Zulfihar Bin Yahya Abdul Malik dapat kembali ke tanah air dan perawatan selanjutnya dilakukan di Pekanbaru,” tutur Ustadz Fakhri.*rls/bams