Banyak Jalan Rusak Karena IPAL, Gubri Lapor ke Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR

Gubri laporkan banyak jalan rusak di Pekanbaru akibat pengerjaan IPAL ke Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Foto: Istimewa

BeritaAzam.com, Jakarta – Pemandangan jalan rusak di Kota Pekanbaru akibat pembangunan Instalasi Pengolahan Air dan Limbah (IPAL) dalam beberapa tahun terakhir seolah menjadi hal yang lumrah.

Agar jalan-jalan yang rusak karena proyek IPAL segera diperbaiki, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar didampingi Kadis PUPRPKPP Provinsi Riau M Arief Setiawan MT menemui Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ir Diana Kusumastuti MT, di Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta pada Selasa, 6 Desember 2022.

“Kita melaporkan keadaan jalan Kota Pekanbaru yang terdampak karena proyek IPAL kepada Ibu Dirjen Cipta Karya. Kita minta segera diperbaiki,” ucap Gubri Syamsuar usai pertemuan.

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti merespon dengan baik. Bahkan, kata Gubri, dalam minggu depan segera turun ke Kota Pekanbaru untuk melihat secara langsung pelaksanaan proyek IPAL.

“Insya Allah dalam minggu depan Ibu Dirjen dan tim akan ke Pekanbaru. Selain berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana proyek IPAL sekaligus tentu juga melihat langsung jalan-jalan yang terdampak,” kata Gubri lagi.

Selain melihat secara langsung, rencananya juga akan digelar rapat di Kota Pekanbaru antara Kementerian PUPR, Pemprov Riau dan Pemkot Pekanbaru.

Karena terkait proyek IPAL, di lokasi yang sama ternyata ada juga proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). “Ini tentu perlu koordinasi yang baik,” pungkas Syamsuar.*