Bikin Bangga Riau, Dosen Unilak Lulusan Terbaik Program Doktor di Untag Surabaya

Beritaazamcom, Pekanbaru – Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning Trio Saputra menjadi lulusan terbaik pada Program Studi Doktoral Ilmu Administrasi Pascasarjana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag). Hal ini diketahui setelah kampus yang berada di Provinsi Jawa Timur melaksanakan wisuda ke 125 secara luring, yang dipimpin oleh Rektor Prof Dr Mulyanto Nugroho MM, Selasa, 6 September 2022.

Trio Saputra menempuh studi doktor selama 3 tahun 6 bulan. Dan mendapatkan beasiswa dari Pemprov Riau. Saat di wisuda ia ditetapkan menjadi wisudawan terbaik dengan status cumlaude/sempurna. Disertasinya tentang ” Implementasi Kebijakan Penanggulangan Penambangan Emas Tanpa Izin di Kabupaten Kuantan Singingi , Riau.”

Dihubungi Senin, 5 September 2022 usai mengikuti wisuda di Surabaya, Trio Saputra menceritakan bahwa pelaksanaan ujian Doktor berlangsung bulan Meret lalu, dan pelaksanaan wisuda September 2022.  “Ujian terbuka bulan Maret lalu, ada 10 penguji yang 5 diantaranya adalah guru besar. Alhmadulillah bisa selesai Doktor dan tepat waktu,” ujarnya.

Para penguji saat sidang terbuka Doktor yaitu  sebagai Ketua  Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPA dari Untag, Promotor Prof. Dr. Arief Darmawan, SU (Untag),  Co-promotor Dr. Dra. Rachmawati Novaria, MM (untag). Penguji  Prof. Dr. V. Rudy Handoko, MS (untag), Prof. Dr. Roesmaningsi, M. Pd (unesa), Prof. Dr. Amiartuti kusumaningtyas, S.H, MM (untag),  Dr. Dra. Ayun maduwinarti, MP (untag, Dr. Achluddin Ibnu rochim, S.H,M. Si (untag), Dr. Falih suaedi, M.Si (airlangga), dan Dr. Andik Matulessy, M. Si (untag).

Atas keberhasilan menjadi lulusan terbaik program Doktor, ia pun mendapatkan penghargaan Rektor dan Dekan Fisip Untag serta berhak menyandang gelar Doktor. Nilai yang diraih 3,76 sebagai pemuncak dan cumlaude.

Trio Saputra merupakan  kelahiran Pekanbaru, pendidikan S1 dari kampus Universitas Islam Riau dan pendidikan S2 di Universitas Riau. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau yang mendukung dan berperan dalam menyelesaikan studi S3 di Untag.

“Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT tanpa pertolonganya, kepada keluarga besar, terkusus kepada almarhum bapak saya Efendi, dan teman seperjuangan, serta dukungan civitas akademika Universitas maupun fakultas, dan semua yang telah membantu,” ucap Trio.

Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi yang mengetahui dosen Unilak menjadi lulusan terbaik mengucapkan selamat. Selaku Rektor Unilak dia memberikan apresiasai kepada Trio Saputra yang telah menjadi lulusan terbaik dan menyelesaikan studi Doktor. Semoga gelar yang didapat mampu memberikan manfaat baik kepada pribadi dan Unilak.

“Saya akan terus mendorong dosen-dosen Unilak yang belum bergelar Doktor untuk segera menempuh pendidikan S3. Unilak telah melakukan kerjasama dengan sejumlah kampus di Indonesia untuk pendidikan Doktor. Unilak juga meningkatkan bantuan bagi dosen yang menempuh pendidikan S3. Ini dilakukan untuk mewujudkan percepatan visi Unilak Unggul 2030,” ujar Dr Junaidi.*