Dalam Rangka HPN 2023, PWI Riau Silaturahmi Perdana ke Pj Bupati Kampar

BeritaAzam.com, Bangkinang Kota – Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023, jajaran Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dan Panitia HPN dan HUT PWI ke-77 melakukan kunjungan silaturahmi perdana ke Penjabat (Pj) Bupati Kampar Dr H Kamsol MM, Senin, 9 Januari 2023 malam.

Rombongan Pengurus PWI Riau yang dipimpin H Zulmansyah Sekedang SSos ini diterima langsung oleh Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol dengan suasana penuh keakraban dan kekeluargaan di Balai Bupati Kampar di Bangkinang.

Turut serta dalam rombongan antara lain Sekretaris PWI Riau Anthony Harry, Bendahara PWI Riau Oberlin Marbun, Wakil Bendahara PWI Riau Herlina, Wakil Ketua PWI Riau Bidang Kerjasama Antar Lembaga Fithriady Syam yang juga Ketua HPN 2023 dan HUT PWI ke-77, Wakil Ketua PWI Riau Bidang Kesra Zulmiron yang juga Wakil Ketua HPN 2023 dan HUT PWI ke-77, Wakil Sekretaris PWI Riau Jinto Lumban Gaol yang juga Sekretaris HPN 2023 dan HUT PWI ke-77, serta sejumlah pengurus lainnya seperti Ketua Seksi Budaya dan Sastra Kunni Masrohanti, Yendrizal dan Ridwan Sinaga.

Mengawali pertemuan, Bupati Kampar Dr H Kamsol memaparkan potensi Investasi khusus sektor Perikanan dan Peternakan. Untuk sektor perikanan, yang menjadi fokus yakni produksi Ikan Patin. Sedangkan sektor peternakan yakni pengembangan ternak ayam kampung.

“Kabupaten Kampar memiliki potensi besar dalam sektor perikanan dan makanan khas lokalnya seperti Ikan Patin, CatFish, Tilapia dan GoldFish. Karena itu kita akan fokus kepada sektor ini,” sebut Kamsol.

Selain itu, sebut Kamsol, Pemda Kampar juga mengembangkan Desa Kreatif Menuju Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan (Derapp). Adapun Derap sendiri merupakan Inovasi percepatan pembangunan dalam konteks SDG’s. Dengan demikian, sebanyak 15 ribu yang termasuk masyarakat miskin ekstrem dan 23 Desa Tertinggal akan bisa teratasi dengan secara berangsur.

Yang tidak kalah pentingnya lagi, beber Kamsol, Kabupaten Kampar akan segera membangun halal hub yang nantinya diharap bisa membuat produk lokal Kampar mendunia.

“Kehadiran halal Hub di Kampar diharapkan bisa mengembangkan ekosistem produk halal berbasis platform digital. Karena Kampar mempunyai produk terkenal yaitu ikan patin dan lain-lain. Sehingga produk-produk lokal Kampar ini bisa dikembangkan dan dipasarkan sampai Pasar Ekspor,” sebut Kamsol sembari menyampaikan, Halal Hub bakal membantu UMKM mendapat akses permodalan dan pembinaan usaha. Kamsol berharap UMKM lokal semakin berdaya saing hingga memaksimalkan potensi produk.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan, bahwa kedatangan pengurus PWI Riau beserta panitia HPN 2023 ini merupakan kunjungan silaturahmi perdana dalam rangka HPN dan HUT PWI ke-77 yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara pada 9 Februari 2023. Sedangkan untuk tingkat Provinsi Riau akan diselenggarakan di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Pada HPN 2023 ini, kami PWI Riau berencana memberikan apresiasi dan penghargaan berupa PWI Riau Award 2023 kepada kepala daerah, tokoh dan lembaga dengan berbagai kriteria. Kedatangan PWI Riau ke Kampar juga dalam rangka menjajaki PWI Riau Award tersebut. Terima kasih atas sambutan Pj Bupati Kampar yang sudah meluangkan waktunya menerima kunjungan silaturrahmi PWI Riau dan PWI Kampar,” ujar Zulmansyah.(*)