Danrem 082/CPYJ dan Aster Panglima TNI Resmikan Situs Cagar Budaya

Situs cagar budaya yang berada di Pendopo Kaputren, Desa Klintejero, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto diresmikan oleh Danrem 082/CPYJ, Kolonel Inf Unang Sudargo dan Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Purwo Sudaryanto pada Jumat, 14 Oktober 2022. FOTO: ISTIMEWA

BeritaAzam.com, Mojokerto – Situs cagar budaya yang berada di Pendopo Kaputren, Desa Klintejero, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto sebelumnya memasuki tahap renovasi melalui adanya kegiatan serbuan teritorial TNI.

Setelah berhasil direnovasi, kini situs tersebut telah diresmikan oleh Danrem 082/CPYJ, Kolonel Inf Unang Sudargo dan Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Purwo Sudaryanto pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Peresmian itu, disaksikan langsung oleh semua pihak tanpa terkecuali masyarakat yang ada di kawasan situs tersebut.

Selain situs cagar budaya, beberapa fasilitas umum dijadikan sasaran pembangunan selama kegiatan serbuan teritorial TNI berjalan.

Danrem mengatakan, renovasi situs cagar budaya itu merupakan salah satu bakti TNI yang ditujukan agar budaya maupun peninggalan sejarah yang ada di Indonesia, khususnya di Mojokerto tetap terjaga dengan baik.

“Di kawasan itu juga kami dirikan patung Tribuana Tungga Dewi. Kami berharap, ini bisa menjadi salah satu Gerakan untuk kembali menata maupun merawat budaya,” kata Danrem.

Hal senada juga dikatakan oleh Mayjen TNI Purwo. Aster Panglima TNI itu mengungkapkan keberadaan Indonesia tak lepas dari adanya Kerajaan Majapahit. Kerajaan itu, terbukti mampu menyatukan berbagai wilayah yang ada di Nusantara.

“Dengan adanya bangunan ini, diharapkan bisa memberikan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Klinterejo untuk selanjutnya dijadikan kawasan wisata sejarah,” pinta Aster Panglima TNI.*