Desa Koto Baru Tuan Rumah MTQ XX Tingkat Kabupaten Kuansing

Logo MTQ Kabupaten Kuantan Singingi

Beritaazam.com, Kuansing – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XX tingkat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau akan digelar pada 23 – 27 Oktober 2022 di Desa Koto Baru, Kecamatan Singingi Hilir.

Jelang pelaksanaan yang masih tersisa waktu 19 hari, panitia pelaksana sudah hampir merampungkan persiapan.

Untuk menunjang kelancaran para kafilah saat proses lomba, Panitia MTQ XX tingkat Kabupaten Kuansing menyediakan mobil transportasi dari pemondokan ke astaka dan tempat lomba lainnya. Hal ini disampaikan Camat Singingi Hilir Risman Ali, SE,M.S.i kepada media Rabu, 5 Oktober 2022.

“Pada MTQ XX kali ini panitia juga menyediakan layanan kendraan antar jemput kafilah dari pemondokan ke tempat/lokasi perlombaan,” katanya.

Menurut Risman Ali, saat ini semua persiapan sudah tuntas, namun astaka tinggal finishing dan diperkirakan 15 Oktober juga tuntas.

Panitia sudah menyiapkan fasilitas lainya diantaranya, penetapan rumah tempat pemondokan kafilah dan Dewan/Mejlis Hakim, penetapan tempat/lokasi pertandingan setiap cabang lomba MTQ, masing-masing dimana Tilawah Dewasa, Remaja, anak-anak, cacat netra & tartil di Astaka Utama.

Kemudian Hafiz 10, 20 & 30 Juz di Mesjid Besar Istiqomah Koto Baru, Syarhil Quran di Pompes Miftahul khairiah Ummah Koto Baru.

“Selanjutnya Fahmil Quran di SMAN 1 Singingi Hilir, MKTIQ di SMPN 1 Singingi Hilir, lomba Kaligrafi di Pasar Kamis Koto Baru,” kata Camat tersebut.

Sementara untuk Hafizd 1 – 5 Juz di Mesjid Alhidayah Koto Baru, dan Astaka Utama di Lapangan Gerbangsari Koto Baru dan ditargetkan rampung pengerjaanya tgl, 15 Oktober 2022.

Diketahui MTQ XX tingkat Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2022 mengangkat tema “Dengan MTQ Ke -XX Kabupaten Kuantan Singingi Kita Bumikan Alquran untuk menjaga kelestarian alam menuju Kuansing Bermarwah”.*Jon Hendri