Dikunjungi Rektor Unilak, Danrem 03 Wirabima Harap KKN Mahasiswa Libatkan Prajurit TNI

Rektor Unilak Pekanbaru Dr Junaidi SS MHum melakukan pertemuan dengan Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung SAP, Jumat (02/09/2022).

Beritaazamcom, Pekanbaru – Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Dr Junaidi SS MHum melakukan pertemuan dengan Komandan Korem (Danrem) 031/Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung SAP, Jumat (02/09/2022).

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Danrem itu dihadiri Dekan Pascasarjana Unilak Dr Adolf Bastian MPd, Kabag Media dan Promosi Unilak M Revnu Ohara MIkom.

Sementara Danrem didampingi Kasiter Letkol infa Hipni Maulana F dan Kapenrem Mayor Kapten Sukri SKom, Kasi Ops Letkol Inf Cecep Kurniawan SAP.

Selama hampir satu jam Rektor dan Danrem berdialog tentang peningkatan kebhinekaan, bela negara bagi generasi muda Riau, serta peningkatan SDM pendidikan prajurit dan perwira Korem.

Saat bertemu Danrem, Rektor Unilak Dr Junaidi menyampaikan niat dan maksud untuk mengadakan lomba PBB tingkat pelajar SMA/SMK/MA/sederajat Proinvins Riau. Kemudian kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan bagi siswa se-Riau. Dimana pada awal tahun 2022 Unilak dan Korem suskes mengadakan lomba PBB yang diikuti lebih dari 1.000 peserta.

Menanggapi itu Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung memberikan dukungan pelaksanaan lomba PBB tingkat SMA se Riau.

“Kita berharap pesertanya bertambah, untuk teknis kita tinggal koordinasi. Lomba PBB ini juga bagian bela negara, dan kita buat profesional, para juri akan diseleksi,” ujar Danrem.

Dalam kesempatan itu, Danrem juga turut mengusulkan, Unilak saat mengadakan kegiatan KKN mahasiswa untuk melibatkan prajurit TNI.

“Sinergi antara mahasiswa dan parjurit TNI dapat menjalin kedekatan dan kegiatan KKN mahasiswa dapat sungguh-sungguh dapat terlaksana,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Dr Adolf turut menawarkan peningkatan SDM pendidikan bagi perwira dan prajurit Korem untuk melanjutkan kuliah di Pascasarjana Unilak.

Dikatakannya, Unilak memiliki 3 prodi yaitu Magsiter Manajemen, Magister Ilmu Hukum dan Magister Ilmu Lingkungan yang dapat dipilih oleh Perwira Korem.

Menjawab tawaran itu, Danrem menyambut baik dan membantu untuk melakukan sosialisasi kepada perwira dan prajurit Korem.

“Sosialiasasi untuk kuliah ini bisa dilakukan dengan zoom. Nantinya para Dandim dan prajurit Korem di Riau dapat mengikuti tawaran kuliah dari Unilak. Kuliah ini tentunya personal, tapi pada prinsipnya mendukung,” ujar Danrem.

Sementara itu, Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, pertemuan dengan Danrem dalam rangka silaturahmi dan beberapa yang dibahas terkait dengan wawasan bela negara bagi generasi muda Riau, kegiatan lomba PBB, kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan.

“Unilak ingin turut berperan dalam meningkatkan wawasan generasi muda Riau dan meningkatkan kedisiplinan generasi muda,” ujar Dr Junaidi.*