Disdik Pekanbaru Imbau Sekolah Gelar Perpisahan Sederhana

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Dalam upaya mengurangi beban finansial bagi orang tua peserta didik, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah mengeluarkan imbauan kepada pihak sekolah untuk tidak mengadakan acara perpisahan yang memerlukan biaya besar atau dilaksanakan di luar sekolah.

Imbauan ini diberikan mengingat tren saat ini di mana banyak sekolah mengadakan acara perpisahan untuk melepas pelajar tingkat akhir.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, menjelaskan bahwa sekolah-sekolah diminta untuk tidak memberatkan orang tua dalam menyelenggarakan acara perpisahan.

“Kami memahami bahwa acara perpisahan di luar sekolah dapat menimbulkan beban finansial yang besar bagi orang tua peserta didik. Oleh karena itu, kami mengimbau agar acara perpisahan diadakan secara sederhana di sekolah,” ujar Abdul Jamal pada hari Jumat (2/6/2023).

Abdul Jamal menekankan pentingnya partisipasi orang tua dalam perencanaan dan pelaksanaan acara perpisahan. Jika ada rencana untuk mengadakan acara di luar sekolah atau di hotel, maka biaya yang dibutuhkan harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak memberatkan orang tua.

“Perpisahan pelajar harus melibatkan persetujuan dari orang tua. Segala kegiatan terkait harus dibahas dan disepakati bersama, termasuk anggaran yang diperlukan dalam acara tersebut,” tambahnya.

Dengan imbauan ini, Dinas Pendidikan Pekanbaru berharap agar acara perpisahan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana namun tetap memberikan kesan yang berharga bagi pelajar dan tidak menimbulkan beban finansial yang berlebihan bagi orang tua.*

BACA JUGA:  Bantu Jaga Stabilitas Inflasi, PHR Gelar Pasar Murah di Kampar