FKDM se-Riau Serahkan Rekomendasi ATHG Kepada Gubernur

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Riau menyerahkan rekomendasi tentang potensi Ancaman Tantangan Hambatan Gangguan (ATHG) di Riau yang bersumber dari masing-masing kabupaten/kota kepada Gubernur Riau.

Rekomendasi yang dikumpulkan secara bersama-sama dalam diskusi yang dilaksanakan Rabu, 14 Desember 2022 malam di Hotel Furaya pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) itu, diserahkan Ketua FKDM Riau DR Data Wardana didampingi seluruh ketua FKDM kabupaten/kota se-Riau.

Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis 14-15 Desember 2022. Dihadiri oleh FKDM dan perwakilan Badan/Dinas Kesbangpol seluruh kabupaten/kota.

Ketua FKDM Riau Data Wardana dalam sambutannya menyampaikan banyak hal dan harapan, baik terkait kegiatan yang sudah dilakukan ataupun yang menjadi progres di tahun depan.

“Salah satu kegiatan yang kami lakukan yakni turun langsung dan bertemu langsung dengan pengurus FKDM di setiap kabupaten/kota. Di sana kami  bertemu dengan bupati dan wakil bupati. Hal ini untuk memberikan penguatan agar Pemkab mendukung FKDM di setiap daerah sesuai arahan Gubernur Riau. Alhamdulillah, sudah banyak Pemkab yang mendukung FKDM dengan mengalokasikan anggaran,” kata Data yang disambut tepuk tangan oleh undangan.

Selanjutnya, Data juga menyampaikan harapan agar semua penguruas FKDM daerah bersama FKDM Riau memiliki satu persepsi dalam menjalankan fungsinya. Juga berpartisipasi aktif di lapangan terkait ATHG.

Data juga berharap agar setiap FKDM kabupaten/kota melakukan sosialisasi kewaspadaan dengan melibatkan Ormas dan OKP di Riau.

“FKDM dalam mengumpulkan data potensi ATHG tersebut juga dengan melaksanakan FGD.  Kami merasakan ini sangat cukup efektif. Maka tahun depan akan lebih intensif dilaksanakan lagi, bahkan di kabupaten/kota. Tema yang diusung tentu menyesuaikan dengan kondisi di setiap kabupaten/kota tersebut,” sambung Data.

Kepala Badan Kesbangpol Riau Jenri Salmon Ginting AP, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Hendriyadi Wijaya Kusuma S.STP, Sekretaris Badan Kesbangpol Riau, DR Afirunnas, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan FKDM Riau tersebut. Ia berharap agar FKDM semakin kompak.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Brigjen TNI R. Wibisono Hendroyoso dari Kabinda Riau dan Ferryan Mustaqim.S.STP,M.A.P dari Kemendagri dengan moderator Dr. Zainal, S.Sos., M.Si.*