Gala Dinner KONI Riau 2023, Gubri Minta Pertahankan Juara Umum Porwil Sumatera

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau menggelar Gala Dinner tahun 2023 bersama pelaku bisnis di Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Riau pada Senin malam (18/9/2023).

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau menggelar Gala Dinner tahun 2023 bersama pelaku bisnis di Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Riau pada Senin malam (18/9/2023). Acara Gala Dinner ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI dan Program Bapak Asuh atau Bapak Angkat KONI Riau.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Gubernur Riau H. Syamsuar, Ketua Umum KONI Riau H. Iskandar Hoesin, Ketua Umum PB Porwil Sumatera XI H. Jonni Irwan, Sekretaris Daerah Riau SF Haryanto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau Bobby Rachmat, serta perwakilan cabang-cabang olahraga yang akan berpartisipasi dalam Porwil Sumatera XI.

Turut hadir juga pimpinan dan direksi dari berbagai perusahaan yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Riau, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Riau, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), SKK Migas Sumbagut, Kontraktor Kerja Sama (K3S), perbankan, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PB Porwil Sumatera XI, H. Jonni Irwan, menjelaskan bahwa Porwil yang akan diikuti oleh delapan provinsi se-Sumatera akan diselenggarakan pada 4-14 November 2023 mendatang. Ada sepuluh cabang olahraga yang akan dipertandingkan, dengan lokasi berlangsung di Kota Bangkinang, Kampar, dan sebagian besar di Kota Pekanbaru.

Jonni Irwan menegaskan bahwa Riau memiliki empat target dalam pelaksanaan Porwil Sumatera XI, dengan target utama adalah sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, di mana Riau berharap dapat kembali menjadi Juara Umum Porwil Sumatera.

Dalam konteks pembinaan olahraga, KONI Riau mengadakan Program Bapak Angkat atau Bapak Asuh Olahraga. Ketua Bidang Kerjasama KONI Riau, H. Zulmansyah Sekedang, menjelaskan bahwa pembinaan olahraga dan peningkatan prestasi olahraga adalah tanggung jawab bersama semua pihak, termasuk dunia usaha di Riau.

BACA JUGA:  Rancangan Perpres tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas Sebuah Langkah Anti Demokrasi

Zulmansyah menyebutkan bahwa saat ini banyak atlet Riau yang telah berhasil meraih prestasi di berbagai tingkat, baik regional, nasional, maupun internasional. Salah satu contohnya adalah Anandia Treciel Vanessae Evato, atlet renang asli Riau yang telah meraih medali emas di berbagai ajang olahraga seperti Porwil, PON, SEA Games, dan Asian Games.

Untuk mendukung para atlet berprestasi dan cabang olahraga, diperlukan peran Bapak Angkat atau Bapak Asuh agar prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan. KONI Riau berharap agar atlet-atlet tersebut tetap berkomitmen dan tidak pindah ke provinsi lain karena tawaran yang lebih menggiurkan.

Gubernur Riau, H. Syamsuar, turut memberikan pesan agar prestasi Juara Umum yang pernah diraih oleh Riau di Porwil Sumatera IX di Bangka Belitung dan Porwil X di Bengkulu dapat dipertahankan. Ia menekankan pentingnya mempertahankan prestasi saat bermain di kandang sendiri.

Gubri juga memberikan apresiasi terhadap Program Bapak Angkat atau Bapak Asuh KONI Riau dan mengajak semua pihak, termasuk dunia usaha, untuk turut serta dalam pembinaan olahraga di daerah. Ia mengusulkan agar KONI Riau mencatat perusahaan-perusahaan besar yang bersedia membina cabang olahraga tertentu, sehingga nantinya bisa dijodohkan.

Gala Dinner KONI Riau 2023 diwarnai dengan berbagai acara, termasuk pertunjukan Bedelaw Band dari BRK Syariah dan atraksi Barongsai dengan empat singa yang bermain bola.*