Gandeng UMKM Lokal, Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Buket Makanan Ringan di Pekanbaru

Sukarelawan Srikandi Ganjar Riau berkomitmen terus memberdayakan para perempuan milenial lewat kegiatan positif dan bermanfaat.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Sukarelawan Srikandi Ganjar Riau berkomitmen terus memberdayakan para perempuan milenial lewat kegiatan positif dan bermanfaat.

Salah satunya melalui kelas pelatihan merangkai buket yang diisi makanan ringan atau snack dengan menggandeng salah satu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Serenade Space, Jalan Jenderal Nomor 88, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau, pada Sabtu (17/6/2023).

“Kali ini, kami menggelar kegiatan pelatihan yang bertema creative snack bouqute bersama K Jaya Flower,” ujar Koordinator Wilayah (Korwil) Srikandi Ganjar Riau Kania Tasya di sela-sela pelatihan.

Kania menyatakan puluhan peserta yang merupakan perempuan milenial dari berbagai universitas di Riau tersebut menyambut antusias pelatihan tersebut.

“Ya, mereka sangat antusias sekali ya dengan adanya kelas pelatihan ini. Terbukti ada puluhan peserta yang berpartisipasi,” ungkapnya.

Perempuan berusia 24 tahun ini menjelaskan, melalui kelas membuat buket tersebut, perempuan milenial di Riau bisa meningkatkan skill mereka dalam melakukan suatu usaha kreatif.

“Pelatihan ini untuk mengembangkan kreativitas perempuan milenial Indonesia, khususnya Riau,” katanya.

Kania mengatakan buket yang diisi berbagai macam snack mulai digandrungi para milenilal untuk dijadikan sebagai hadiah ulang tahun atau penghargaan atas keberhasilan kerabat terdekat.

“Merangkai buket snack ini banyak diminati banyak perempuan untuk diberikan kepada sahabat atau kerabat. Dan, dengan Kegiatan ini, para peserta bisa membuat buket snack secara mandiri,” ucapnya.

Menurut Kania, pelatihan tersebut bisa membuka peluang usaha bagi para peserta yang dapat mengangkat perekonomian keluarga ke depannya.

“Kami berharap perempuan milenial dapat terus berkreasi dengan mengasah skill mereka sehingga ke depan bisa membuka usaha UMKM,” ucapnya.

Srikandi Ganjar Riau juga berharap melalui pelatihan tersebut, selain mengasah kreativitas, perempuan milenial di Kota Bertuah ini bisa lebih produktif lagi. Selain itu, para peserta bisa mengenal lebih jauh sosok bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:  Bersama Kunni Masrohanti, SMKN 1 Bangkinang Ajak Siswa Berliterasi

Sementara itu, Daffa Denata sebagai peserta pelatihan membuat buket snack terlihat antusias mengikuti jalannya kelas tersebut. Menurut dia, kelas ini sangat bermanfaat bagi perempuan milenial untuk mengembangkan bakat mereka.

“Pelatihan ini sangat menarik dan bermanfat, terutama bagi saya sebagai perempuan milenial. Pada pelatihan ini sangat membantu saya untuk menyalurkan kreativitas yang saya punya,” ungkap perempuan berusia 20 tahun itu.

Menurut perempuan yang berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) ini, pelatihan buket tersebut tentu menambah wawasan dan pengalaman perempuan dalam berkreasi.

“Saya mendapatkan ilmu untuk pembuatan buket snack ini. Kemudian, saya dapat menemukan relasi dan teman baru,” ungkapnya.

Dena berharap, setelah kelas ini, dirinya dapat membuka bisnis buket snack sehingga bisa menambah pendapatannya dan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Saya tertarik untuk membuat usaha ini ke depannya. Harapan saya, pelatihan ini juga bisa diterapkan di beberapa tempat,” katanya.

Dia juga berharap Ganjar Pranowo dapat menjadi pemimpin Indonesai selanjutnya dengan menjadi presiden 2024-2029.

“Menurut saya, Pak Ganjar cocok untuk menjadi pemimpin di negara ini. Pak ganjar juga mendukung kreativitas perempuan milenial,” tandasnya.*