Gerakan 10 Juta Bendera, Gubri Serahkan Merah Putih kepada Ketua FPK Riau

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Gubernur Riau (Gubri), Drs.H.Syamsuar, M.Si menyerahkan secara simbolis bendera Merah Putih kepada Ketua FPK Riau, Drs. H Auni M Noor, M.Si. Penyerahan bendera ini dalam Rangka Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Provinsi Riau yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubri di sela-sela acara Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia ((Gernas BBI-BBWI) Provinsi Riau Tahun 2023, Minggu (30/7/2023).

Selain kepada Ketua FPK Provinsi Riau, Bendera secara simbolis juga diserahkan kepada sejumlah Ketua-ketua Paguyuban se Provinsi Riau. Di antaranya bendera diterima oleh Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau, Stephen Sanjaya dan Ikatan Keluarga Sumatera Selatan (IKASS) yang diterima Misrawansyah.

Selain Gubri, Tampak hadir juga pada acara itu Ketua TP PKK Provinsi Riau, Hj. Misnarni Syamsuar, Sekda Pemprov Riau, Ir. S. F. Hariyanto, M.T, Deputi Kementrian Kemaritiman dan Investasi, Odo R.M.Manuhutu, Ketua DPRD Provinsi Riau Diwakili Oleh Wakil Ketua, H. Agung Nugroho, S.E, Unsur Forkompinda Provinsi Riau, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting,AP,M.Si, Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Badan Kesbangpol Provinsi Riau, Sri Petri Haryani, S.Pd, Jajaran Pengurus FPK Provinsi Riau, ketua-ketua Paguyuban yang tergabung dalam FPK Provinsi Riau serta undangan lainnya.

Selain pembagian bendera, saat itu juga dilaksanakan Kegiatan Gerak Jalan Santai, Menyaksikan Pemecahan Rekor Muri Mie Sagu Terbanyak dalam rangka Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Prov. Riau Tahun 2023 dan serangkaian kegiatan lainnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si mengatakan, pembagian bendera kepada masyarakat dilaksanakan sesuai Surat Kemendagri No 003.1/4397/SJ tertanggal 29 Juli 2022 peri hal Menyemarakan Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) melalui Gerakan Pembagian 10 Juta bendera merah putih.

BACA JUGA:  Diikuti 12 Tim, Kadisparporabud Buka Turnamen Futsal Antar Pelajar

“Menindaklanjuti surat Kemendagri itu, kita sudah berkirim surat kepada FPK Provinsi Riau,FPK Kabupaten/Kota dan seluruh Bakesbang Kabupaten/Kota. Meminta untuk melaksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Kita berharap kegiatan pembagian bendera ini menambah rasa cinta kepada NKRI ini,”ujar Jenri.

Senada dengan itu Kabid Idiologi Wawasan Kebangsaan dan karakter Bangsa Bakesbangpol Riau, Sri Petri Haryani, S.Pd menyampaikan sesuai edaran Kemendagri, seluruh masyarakat Provinsi Riau diminta memasang Bendera Merah Putih mulai 1 Juni hingga 31 Agustus 2023.

“Kami menghimbau kepada Camat, Lurah/Kepala Desa, Kepala Dusun, Ketua RT,RW dan tokoh masyarakat lainnya untuk mengajak warga di seluruh Provinsi Riau memasang bendera di rumahnya masing-masing,” katanya.

Sementara Ketua FPK Provinsi Riau, Drs.Auni M Noor, M.Si didampingi Sekretaris FPK Jailani, menyambut baik pembagian bendera yang dilaksanakan Pemprov Riau. Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta masyarakat Riau kepada NKRI.

“Sejak awal Pemprov Riau dalam hal ini Bakesbangpol Provinsi Riau telah menggandeng FPK dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera ini. Kita sudah mengikuti beberapa rapat online bersama Kemendagri, harapan kami semoga semakin banyak bendera yang didapat, sehingga semakin banyak yang bisa dibagikan kepada masyarakat Riau,” pungkasnya.

Dia menambahkan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih juga merupakan sebagai upaya memotivasi masyarakat, untuk terus memupuk rasa cinta tanah air dan bela negara dalam diri, sebagaimana yang telah diperjuangkan oleh pahlawan dalam memerdekakan Indonesia.*