Gubernur Riau Ajak Masyarakat Riau Gencar Menanam Cabe

Gubri H Syamsuar melakukan penanaman cabai di belakang kediaman resmi Gubri, kawasan Petala Bumi, Pekanbaru, Riau, Jum'at (02/09/2022) pagi.

Beritaazamcom, Pekanbaru – Gubernur Riau H Syamsuar berupaya maksimal memanfaatkan lahan dan pekarangan yang ada untuk menanam cabai, sayur-sayuran dan tanaman palawija lainnya.

Ini untuk men-support kebutuhan masyarakat dan tentu saja menurunkan inflasi di Provinsi Riau, yang akhir-akhir ini relatif tinggi.

“Ini kan Gubernur sudah menanam. Ayo semua menanam, jangan kalah sama Gubernur. Kapan miko (kamu) menanam!,” ucap Gubri Syamsuar sembari bercanda usai melakukan penanaman cabai di belakang kediaman resmi Gubri, kawasan Petala Bumi, Pekanbaru, Riau, Jum’at (02/09/2022) pagi.

Sekitar seribu lebih bibit cabai sudah ditanam dan akan ditambah dengan tanaman sayur-sayuran serta palawija lainnya.

Gubri Syamsuar menekankan bahwa gerakan menanam ini adalah arahan Presiden Jokowi. “Jadi seluruh Gubernur diinstruksikan untuk menanam. Makanya kami sudah mengimbau seluruh masyarakat untuk menanam,” ucap Gubri lagi.

Sebelumnya, angka inflasi di Riau mencapai angka 7 persen. Berbagai upaya dilakukan Gubri bersama Forkopimda untuk menurunkan inflasi.

Antara lain dengan menggelar pasar murah di berbagai tempat. Pada Kamis (01/09/2022) kemarin angka inflasi sudah turun di angka 5 persen. Ini juga karena harga-harga relatif turun. Khususnya harga cabai yang sebelumnya di atas 100 ribu per kg, kini sudah diharga sekira 50 ribu per kg.

“Kita harapkan angka inflasi terus turun di bawah 5 persen,” tegas Gubri.

Lahan-lahan yang ditanam Gubri, jika nanti sudah panen, hasilnya akan dibagi-bagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat. Teknisnya akan diatur oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau.(*)