IKWI Gelar Silaturahmi Nasional dan Salurkan Bansos

Dalam memperingati HPN 2023 di Sumatera Utara, IKWI menyelenggarakan Silaturahmi Nasional (Silatnas).

 

BeritaAzam.com, Medan – Saat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) menyelenggarakan Silaturahmi Nasional (Silatnas).

Kegiatan ini diisi dengan Konsolidasi Organisasi dan Penyempurnaan PD PRT IKWI di Parapat, Ladies Program keliling Danau Toba, serta menyalurkan 400 paket Bansos dari Gubernur Sumut dan Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas kepada lima panti asuhan di Medan.

Silatnas IKWI ini diikuti sedikitnya 150 orang pengurus dan anggota IKWI se Indonesia da berlangsung 07 hingga 09 Februari 2023.

Kegiatan yang dipimpin oleh Ketua Umum IKWI Indah Kirana ini mengusung tema Menuju tata kelola organisasi yang berkualitas.

Agenda utama adalah Konsolidasi Organisasi dan Penyempurnaan PD PRT IKWI di Hotel Khas Parapat, Kab. Simalungun, Sumut, Selasa (07/02/2023).

Dalam Konsolidasi Organisasi tampil sebagai narasumber dari Pengurus Pusat IKWI yaitu Indah Kirana, Dra. Rahmayulis Saleh, MM., Dr. Harbiyah Gani dan Ir. Ratna Minang Sari.

Ketua Umum IKWI memberikan arahan dan masukan agar Pengurus IKWI di Provinsi/Kabupaten/Kota bisa menjalankan roda organisasi dengan baik dan sinergi antara pengurus berjalan dengan baik, juga dengan anggota, sehingga komunikasi lancar sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab di tingkatan pengurus.

“Pada acara dengan tema Menuju tata kelola organisasi yang berkualitas, diharapkan dapat membawa organisasi lebih baik lagi, komunikasi antar pengurus juga lancar. Kita akan mengetahui keberadaan dan kondisi organisasi keluarga wartawan Indonesia ini. Apakah berjalan dengan baik atau masih ada kendala. Jika ada kendala, kita saling sharing memperbaikinya dan membantu agar IKWI di daerah tetap eksis dan berjalan dengan baik,” ujar Indah.

Dalam konsolidasi organisasi ini peserta juga berkesempatan bertanya terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk kemajuan organisasi ke depan, sehingga keberadaan IKWI tidak hanya bermanfaat bagi anggota di internal, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

BACA JUGA:  Gubernur Riau Bakal Lepas Rombongan PWI Riau ke HPN 2023 di Medan

Usai Konsolidasi Organisasi, acara dilanjutkan dengan Rapat Tim 9 Penyempurnaan PD PRT (Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga). Anggota Tim 9 merupakan perwakilan dari 34 provinsi yaitu Aceh, Jambi, Riau, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sumatera Selatan, yang sebelumnya sudah bekerja secara marathon.

Penyempurnaan PD PRT ini dilakukan agar PD PRT IKWI menjadi lebih sederhana dan mudah, sebagai pedoman dan aturan untuk dijalankan. Hasil Rapat Penyempurnaan PD PRT IKWI akan disahkan di Konggres IKWI pada September 2023.

Menurut Indah, setelah penyempurnaan PD PRT IKWI bisa menjadi lebih sederhana. “PD PRT IKWI lebih simple karena tidak ada lagi sistem pemilihan Ketua IKWI baik untuk Ketua IKWI Pusat maupun Ketua IKWI Provinsi/Kabupaten/Kota, sesuai dengan keputusan bahwa ditetapkan Ketua IKWI adalah istri Ketua PWI terpilih, juga adanya perubahan-perubahan lainnya,” tambah Ketum IKWI.

Berlabuh di Pulau Samosir
Keesokan harinya, Rabu (08/02/2023), seluruh peserta Selaturahmi Nasional IKWI dalam balutan seragam kaos berwarna merah magenta, ikut kegiatan Ladies Program dengan naik kapal melintasi Danau Toba. IKWI se Indonesia melakukan kegiatan tour ke sejumlah tempat wisata, di antaranya ke Pulau Samosir dan singgah ke Kampung Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Rombongan IKWI melihat situs Huta Siallagan peninggalan Raja Siallagan, konon merupakan situs tertua peninggalan Suku Batak. Huta Siallagan sudah diresmikan Presiden RI Joko Widodo menjadi kampung wisata dan diperbaharui pemerintah dengan tujuan untuk konservasi adat budaya, sekaligus detinasi wisata baru di Pulau Samosir.

Pulang dari Samosir, rombongan kembali ke Parapat dan meneruskan perjalanan ke Medan. Tanpa merasa lelah, IKWI se-Indonesia langsung ikut jamuan makan malam di Café Anggrek, Medan, Rabu (08/02/2023). Bersamaan dengan makan malam, IKWI menyalurkan bantuan sosial sebanyak 400 paket sembako, yaitu 200 paket dari Gubernur Sumut dan 200 paket dari Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas.

BACA JUGA:  Ada Jajanan Produk Binaan PHR Hadir di Terminal 3 Bandara Soetta, Yuk Mampir!

Bansos paket sembako dalam rangkaian HPN 2023 tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Ketum IKWI Indah Kirana, antara lain kepada santri Panti Asuhan Putri Aisyiyah, Al-Washliyah, Putra Muhammadiyah, dan Rumah Ha’had Tahfiz Al-Quran Manba’ul Haffaz.

“Bakti sosial ini merupakan kegiatan rutin IKWI yang dilakukan setiap tahunnya serangkaian dengan HPN, sebagai wujud syukur menjadi organisasi istri para wartawan. Kegiatan Baksos ini akan terus kita pertahankan dan menjadi agenda HPN di masa mendatang. Kita saling berbagi dan peduli dengan sesama yang benar-benar membutuhkan,” ungkap Indah.

Pada Puncak Peringatan HPN 2023, Kamis (09/02/2023), IKWI se Indonesia ikut hadir memeriahkan perhelatan akbar ini dengan busana seragam masing-masing daerah. Acara berlangsung di Gedung Serba Guna Pemprovsu, Jl. Williem Iskandar No. 9, Medan, itu dipenuhi oleh ribuan insan pers dari seluruh Indonesia dan tamu undangan dari luar negeri. (*)

Optimized by Optimole