Ini 10 Putra-Putri Riau Peraih Beasiswa Penuh PHR Masuk Universitas Pertamina

Gubernur Riau Syamsuar (tengah), EVP UB PHR WK Rokan Edwil Suzandi dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatra Bagian Utara Rikky Rahmat usai menyerahkan sertifikat kepada 10 Putra-Putri Terbaik Riau dalam acara Penganugerahan dan Inaugurasi Penerima Beasiswa Prestasi PHR S1 2023.Foto: hms

 

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Penyelenggaraan Beasiswa Prestasi S1 PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada tahun pertamanya berlangsung dengan sukses dan mendapat sambutan hangat dari para siswa dan siswi di Riau. Sebanyak 10 putra-putri Riau telah berhasil terpilih sebagai penerima beasiswa tersebut, membawa harapan baru bagi masa depan mereka.

Beasiswa ini secara resmi diluncurkan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, serta didukung oleh SKK Migas Sumbagut dan Pemerintah Provinsi Riau. Sejak peluncurannya, jumlah pendaftar dari SMA/SMK/MA sederajat mencapai 1.786 orang. Proses seleksi pun dilakukan dengan ketat melalui tahapan administrasi, tes potensi akademik, wawancara, dan forum group discussion (FGD) hingga akhirnya terpilih 10 orang yang beruntung untuk mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah S1 di Universitas Pertamina.

Gubernur Riau, H. Syamsuar, memberikan sambutan hangat kepada para penerima beasiswa dan mengingatkan mereka untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Syamsuar juga menyatakan bahwa beasiswa ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Riau dalam mempercepat pembangunan.

“Selamat dan sukses untuk 10 putra-putri asli Riau yang menjadi penerima Beasiswa Prestasi PHR S1 dan akan menempuh pendidikan tinggi di Universitas Pertamina. Saya mengharapkan agar kalian tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga ini yang diberikan oleh PHR. Jadilah mahasiswa unggulan di Universitas Pertamina, dan nantinya kalian akan menjadi agen pembangunan Provinsi Riau,” ujar Syamsuar saat acara Penganugerahan dan Inagurasi Penerima Beasiswa Prestasi S1 PHR di Rumbai Country Club (RCC), Pekanbaru.

Direktur Utama PHR, Chalid Said Salim, mengapresiasi antusiasme tinggi para siswa dan siswi Riau yang berminat mengikuti seleksi Beasiswa PHR. Said menyatakan bahwa ini merupakan bentuk komitmen PHR untuk terus mendorong perkembangan pendidikan di Riau.

BACA JUGA:  HUT Ke 23 Kuansing, Dinas Tanaman Pangan Sediakan 1000 Paket Sembako Murah di Lapangan Limuno

“Mereka patut berbangga hati karena terpilih dari persaingan yang sangat ketat di setiap tahapan seleksi, mengingat semua pendaftar merupakan siswa dan siswi berprestasi di sekolah masing-masing. Beasiswa ini merupakan wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PHR yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat. Semoga tahun depan kami dapat menyelenggarakan kembali program beasiswa ini,” ungkap Chalid.

Rikky Rahmat Firdaus, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatra Bagian Utara, turut menyampaikan kebanggaan atas kesuksesan PHR dalam menjalankan Program Beasiswa S-1 dan berhasil memilih 10 siswa terbaik untuk melanjutkan studi di Universitas Pertamina. “Selamat kepada putra-putri terbaik Riau yang terpilih. Program ini merupakan salah satu wujud komitmen industri hulu migas untuk peduli dan mendukung pengembangan sumber daya manusia lokal di daerah,” tutur Rikky.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S Asngari, menyampaikan bahwa penerima beasiswa ini dipilih secara bersama-sama oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau, PT PHR, Pertamina Foundation, dan Universitas Pertamina.

“Mulai dari peluncuran Beasiswa Prestasi PHR S1 hingga terpilihnya 10 penerima beasiswa, Pertamina Foundation sebagai mitra pelaksana selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), dan Universitas Pertamina. Saya berharap bahwa ini hanyalah awal dari kerja sama dan kolaborasi melalui program beasiswa pendidikan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Agus.

Rektor Universitas Pertamina (UPER), Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, M.S., menyambut baik para penerima beasiswa dan berharap mereka dapat mengembangkan dan memanfaatkan bakat, minat, dan pengetahuannya selama kuliah di Universitas Pertamina.

“Selamat, kalian resmi menjadi mahasiswa Universitas Pertamina. Kalian datang di waktu yang tepat karena mulai tahun ini, UPER bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) untuk menyiapkan lulusan terbaik untuk berkarir di Pertamina Grup. Maka dari itu, belajarlah dengan giat dan jadilah mahasiswa yang aktif hingga kalian meraih prestasi di bidang akademik dan non-akademik,” ujar Wawan.

BACA JUGA:  Kepala Daerah Harus Bisa Jaga Hubungan Harmonis

Berikut adalah 10 penerima Beasiswa Prestasi PHR S1 ke Universitas Pertamina tahun 2023:

1.Aliyah Nova Az-Zahra Nasution dari SMAN 1 Bangko Rokan Hilir (prodi Hubungan Internasional)
2.Aulia Rizqo dari SMA Negeri 1 Rambah Rokan Hilir (prodi Teknik Elektro)
3.Lovalya Putri dari SMAN 2 Mandau Bengkalis (prodi Teknik Kimia)
4.Muhammad Afyan Husnan Alza’far dari SMAN Plus Kampar (prodi Teknik Perminyakan)
5.M Arryan Naufal dari MAN Insan Cendekia Siak (prodi Manajemen)
6.Nasywa Nayifa Salsabila dari MAN Insan Cendekia Siak (prodi Ekonomi)
7.Nuraini dari SMAN 8 Mandau Bengkalis (prodi Kimia)
8.Raihan Putra Akbar dari SMAN 1 Dumai (prodi Ilmu Komputer)
9.Regitha Nur Azizah dari MA Negeri 1 Pekanbaru (prodi Ilmu Komunikasi)
10.Rendi Priyanto dari SMAN 2 Tanah Putih Rokan Hilir (prodi Teknik Perminyakan)

Para penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembebasan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dikenakan pada awal kuliah, pembebasan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau uang kuliah per semester hingga lulus, pembebasan biaya daftar ulang, bantuan biaya hidup dan asrama, serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

Salah satu penerima beasiswa, Nuraini, menyampaikan rasa terima kasihnya atas beasiswa penuh dari PHR yang akan membantu mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ahli kimia. “Dengan beasiswa penuh yang diberikan PHR, saya akan mampu mewujudkan cita-cita sebagai seorang ahli kimia tanpa memberatkan orang tua. Saya berjanji untuk menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab, berprestasi, dan suatu hari dapat berkontribusi dengan penemuan-penemuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Nuraini.*