Jemaah Haji Riau Yang dirawat di Arab Saudi Kembali ke Tanah Air

Ramlan Bin Ahmad Sontel dan berasal dari Kabupaten Bengkalis, tiba di Indonesia melalui Bandara Sukarno-Hatta setelah diterbangkan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines SV 816 pada tanggal 16 Agustus 2023 pukul 18.50 Waktu Arab dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Salah Satu dari Dua Jemaah Haji asal Provinsi Riau yang sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit di Arab Saudi, akhirnya pulang kembali ke tanah air pada Kamis (17/8/23) pukul 09.00 WIB. Jemaah ini, yang dikenal dengan nama Ramlan Bin Ahmad Sontel dan berasal dari Kabupaten Bengkalis, tiba di Indonesia melalui Bandara Sukarno-Hatta setelah diterbangkan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines SV 816 pada tanggal 16 Agustus 2023 pukul 18.50 Waktu Arab dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, H Syahrudin yang mewakili Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, menyatakan bahwa Jemaah haji dari Kloter BTH-10 ini seharusnya telah kembali ke Indonesia pada tanggal 9 Juli 2023. Namun, kepulangannya mengalami penundaan karena kondisi sakit yang memerlukan perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi. Ramlan, setelah hampir 38 hari menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), akhirnya dapat pulang ke tanah air.

Syahrudin mengungkapkan, Ramlan Ahmad Sontel adalah salah satu anggota Kloter 10, seharusnya pulang ke Indonesia pada tanggal 9 Juli. Namun karena masih dirawat di RS. Arab Saudi karena kondisi sakit, kepulangannya tertunda.

Kepulangan Jemaah ini disambut oleh petugas dari Bidang Haji dan didampingi hingga kembali ke kota Pekanbaru. “Dari Kantor Wilayah, kami mengutus dua orang petugas untuk menyambutnya dan membawanya kembali ke Pekanbaru,” tambah Syahrudin.

Sementara itu, Nik Yusriasyah, petugas yang saat ini berada di Jakarta dan bertugas untuk menjemput Jemaah, menginformasikan bahwa Jemaah ini akan dirujuk terlebih dahulu ke Rumah Sakit Haji Pondok Gede. “Kondisi jemaah dalam keadaan baik dan tidak memerlukan oksigen. Hanya bekas operasi pada lambung yang masih menimbulkan sedikit rasa sakit. Jemaah akan dirujuk ke Rumah Sakit Haji Pondok Gede. Kami berharap besok sudah dapat dipulangkan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Waspada! Harimau Sumatera Muncul di Area Konsesi HTI Kilometer 14 Doral Siak

Nik Yus juga menjelaskan bahwa kepulangan Ramlan ke Tanah Air dibantu oleh petugas dari Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah. Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Ramlan disambut oleh tim dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) sebelum selanjutnya diantarkan ke keluarganya.

Saat ini, masih terdapat satu lagi Jemaah haji asal Provinsi Riau, dengan nama SOGIMIN BIN BOMIN KARTO SUMITRO dari Kloter BTH-10 asal Kabupaten Bengkalis, yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.*