Kunni Masrohanti, Budayawan Riau, menjadi Narasumber Talkshow Kebudayaan Nasional di UGM

Kunni Masrohanti menjadi narasumber Talkshow Kabudayaan Nasional di UGM Yogyakarta, Minggu (28/5/2023l. FOTO IST

BeritaAzam.com, Yogyakarta – Kunni Masrohanti, seorang budayawan Riau, pegiat literasi, dan aktivis perempuan, menjadi narasumber dalam Talkshow Kebudayaan Nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Minggu (28/5/2023). Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari Cultural Fest dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa UGM dan masyarakat umum.

Dalam talkshow tersebut, Kunni menjelaskan peran berbagai pihak dalam menjadikan kebudayaan sebagai fondasi penting dalam pembangunan bangsa, terutama peran pemerintah daerah. Hal ini dikemukakan oleh Kunni ketika salah satu peserta mengajukan pertanyaan terkait hal tersebut.

“Melalui UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, pemerintah pusat telah menetapkan objek pemajuan kebudayaan secara jelas. Terdapat 10 objek yang disebutkan. Tinggal bagaimana pemerintah di setiap daerah melaksanakannya, termasuk melalui peraturan daerah. Peran pemerintah menjadi sangat penting, harus peka terhadap bagaimana pemajuan kebudayaan di setiap daerah dapat terealisasi jika regulasinya tidak jelas,” papar Kunni.

Pada talkshow dengan tema “Meningkatkan Persatuan Bangsa Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Indonesia” ini, Kunni juga memaparkan upayanya dalam turut serta merawat kebudayaan Indonesia, terutama di Riau. Kunni memutar video perjalanannya bersama Komunitas Seni Rumah Sunting yang didirikannya sejak tahun 2012, serta bersama Penyair Perempuan Indonesia (PPI) yang dipimpinnya sejak 2018.

Selain Kunni, talkshow ini dihadiri oleh DR Sindung Tjahyadi MHum, selaku Direktur Kemahasiswaan UGM, Cesaria Eka Yulianti Sri Hastuti ST, MT, selaku Kepala Bidang Industri Pariwisata Kota Yogyakarta, dan Muhammad Ibnu Azzulfa S.Sos, selaku Dimas DIY 2021. Acara ini dimoderatori oleh Syahrindra Restu Rahmadhani.

Harto Gunarto, S.T, Manajer SDM dan Pemasaran UGM, yang mengikuti talkshow tersebut dari awal hingga akhir, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini.

BACA JUGA:  Selain Terima Penghargaan Gubernur Riau Teken MoU dengan UII dan UNY

“Cultural Fest ini diadakan setiap tahun dan ini merupakan yang ke-12. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada mahasiswa UGM, terutama bagi mahasiswa UGM Residen. Kali ini, talkshow-nya berskala nasional karena narasumbernya adalah Ibu Kunni Masrohanti yang konsisten dalam bidang kebudayaan, dan beliau berasal dari Riau,” kata Harto Gunarto.*