Kunni Minta Pemkab Rohil Perhatikan Iven Budaya Raja Bejamu, Bupati Siap Anggarkan Rp5 Miliar

Iven Wisata Budaya Jejamu Teluk Gong, Rabu (22/2/2023) di desa Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi, dihadiri Bupati Rohil Afrizal sintong S.IP dan Budayawan Riau Kunni Masrohanti.

BeritAzam.com, Rohil – Iven Wisata Budaya Jejamu Teluk Gong, Rabu (22/2/2023) di desa Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi, dihadiri Bupati Rohil Afrizal sintong S.IP dan Budayawan Riau Kunni Masrohanti.

Sebagai akktivis perempuan Riau yang juga Ketua Penyair Perempuan Indonesia (PPI), Kunni meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) untuk menjadikan Budaya Wisata Jejamu Teluk Gong sebagai iven wisata tahunan.

“Ini kali kedua Saya menginjakkan kaki di Tanah Teluk Gong dan kali kedua mengikuti iven Jejamu Teluk Gong ini. Masyarakat sangat antusias. Ramai. Tumpah Ruah. Ini artinya masyarakat bersemangat. Setahu Saya, kegiatan hari ini wujud juga sebab semangat masyarakat, swadaya masyarakat. Pelestarian budaya ini merupakan tanggungjawab bersama. Saya hadir karena diundang atas nama serta untuk ketahanan budaya. Untuk itu, kami berharap, siapapun pemimpin negeri ini, hendaknya laksanakan kegiatan ini setiap tahun, jadikan iven tahunan sehingga berdampak ekonomi bagi masyarakat,” kata perempuan yang juga aktif di bidang lingkungan dan ekowisata ini dengan suara lantang dan tepuk tangan meriah hadirin saat menyampaikan sambutan.

Tanah kosong dan tenda berlantai papan yang dibuat di tengah Teluk Gong serta panggung yang menghadap ke arah Bupati dan membelakangi pohon nipah bersejarah di sana, dipenuhi masyarakat Raja Bejamu. Bahkan masyarakat dari desa lain di Kecamatan Sinaboi itu, juga hadir bersama.

“Bismillah Raja Bejamu, Bismillah tanah Teluk Gong. Di sini kami berdiri, di antara sejarah dan kearifan lokal masyarakat Raja Bejamu. Jadilah tempat ini bermanfaat bagi masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya,” kata Kunni setengah berpuisi yang lagi-lagi disambut tepuk tangan meriah.

Bupati Rohil Afrizal Sintong S.IP yang hadir bersama rombongan, nampak menikmati suasana ramai tersebut. Ia juga meminta kepada masyarakat khususnya seniman dan budayawan yang hadir untuk turut mempromosikan iven ini melalui media sosial.

BACA JUGA:  Peringati Hari Perempuan Sedunia, Kunni Sebut Ber-BUDAYA Adalah Kata Kunci

“Tentu Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat Raja Bejamu, Pak Penghulu dan panitia serta seniman budayawan yang bersama-sama menyukseskan kegiatan ini. Kepada Bu Kunni dan rekan-rekan, kepada semua, mari bersama-sama kita viralkan kegiatan ini melalui media sosial masing-masing,” katanya.

Dalam sambutannya itu,  Bupati juga berjanji akan mengucurkan anggaran sebesar Rp5 miliar di tahun 2024 untuk Teluk Gong yang menjadi lokasi dilaksanakannya Jejamu.

“Melalui Dinas Pariwisata, kami alokasikan anggaran Rp5 miliar untuk pembangunan kawasan Teluk Gong tahun 2024. Anggaran ini memang tidak cukup untuk menjadikan kawasan Teluk Gong sempurna, tapi diangsur-angsur, terutama jalan masuk ke dalam kawasam ini, harus diperbaiki,” kata Bupati lagi.

Selan Kunni, hadir juga para seniman dari Art Collab Jakarta di bawah pimpinan Willy Hfi, Zein Tanjung dari Kampar, Al Rakhim Sekha, Denny Palu, Yanda Rahmanto dari Rumah Sunting dll.

Pembukaan Jejamu Teluk Gong ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati didampingi Ketua PPI Kunni Masrohanti, Ketua LAM Kecamatan Sinaboi Dt. Rahmat Hidayat, Penghulu Raja Bejamu Musfar S.Pd dan unsur Muspika Kecamatan Sinaboi.

“Alhamdulillah, Jejamu Teluk Gong tahun ini bisa dilaksanakan. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi. Terimakash kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,” kata Penghulu Musfar S.Pd selaku pelaksana sekaligus penanggungjawab kegiatan tersebut.*

 

Optimized by Optimole