Maba Unilak Meningkat, Ada Warga Thailand Jadi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis

Dua warga Thailand Muhammad Sidiq dan Abdurahhman yang kuliah di Fakultas Ekonomi Bisnis diperkenalkan Rektor Unilak.

Beritaazam.com, Pekanbaru – Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2022-2023 di lapangan sepak bola, Rabu 28 September 2022.

Kegiatan PKKMB berlangsung selama empat hari dari tanggal 28 September-1 Oktober 2022. Diikuti sebanyak 2.500 mahasiswa baru. PKKMB merupakan kegiatan penting yang harus diikuti yang bertujuan untuk pengenalan dunia kampus agar mahasiswa baru mampu cepat beradaptasi, bersosialisasi dan berinteraksi di Unilak. Beberapa kegiatan dilangsungkan baik di tingkat universitas maupun fakultas.

PKKMB dibuka oleh Rektor Unilak Dr Junaidi yang di tandai dengan pemasangan jaket kuning almamater kepada dua mahasiswa Unilak yang turut disaksikan oleh Wakil Rektor I Dr Zamzami.M.Kom, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH.MH Dekan se lingkungan Unilak, Ketua BEM Unilak Septian Fransdika, Ketua DPM Agel Purwanda, Wakil Dekan III, Kepala Biro dan Lembaga di Unilak.

Rektor Unilak Junaidi mengucapkan selamat datang kepada 2.500 mahasiswa baru yang telah memutuskan kuliah di kampus tersebut. Kuliah di Unilak adalah pilihan tepat. Pihaknya siap mewujudkan keinginan para mahasiswa dan para orang tua yang ingin menjadi orang sukses. Menurutnya, ini merupakan amanah.

“Alhamdulillah jumlah mahasiswa kami meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini lebih dari 2.500 orang yang diterima di Lancang Kuning. Dari seluruh mahasiswa itu, tahun ini kami menerima mahasiswa asing dari Thailand dan tahun-tahun sebelumnya juga ada. Dan sudah ada juga yang tamat, karena Covid 19 sempat tertunda. Mahasiswa Thailand ini memang program kita agar bisa Go Internasional. insya Allah tahun depan kita promosi ke Vietnam dan Kamboja karena cocok dengan Budaya Melayu. Mahasiswa dari Thailand kami bebaskan biaya SPP, jadi semua mahasiswa asing yang kuliah tidak perlu membayar SPP,” ujar Dr Junaidi.

Dua warga Thailand, Muhammad Sidiq dan Abdurahhman yang kuliah di Fakultas Ekonomi Bisnis langsung dikenalkan. Ditemui saat PKKMB, Sidiq mengatakan dirinya baru seminggu di Pekanbaru. “Kami baru seminggu di Pekanbaru, kampusnya sejuk, budayenye same kayak di Pattani Thailand, saya ke Pekanbaru cari pengalaman. Ilmu ekonomi nanti saye kembangkan untuk bisnis di Patthani,” ujarnya.*