Magister Pedagogi Berdiri di Unilak, Plt Kurikulum Kemendikbud Ristek Dikti Ajak Guru-Guru di Riau Bergabung

BeritaAzam com, Pekanbaru – Program Studi Magister Pedagogi Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning Riau mengadakan seminar nasional dengan judul ” Implementasi Kurikulum Merdeka Terintergrasi Kearifian Lokal dan Literasi Digital” yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Selasa, 20 Desember 2022.

Seminar nasional diikuti oleh kepala sekolah, guru jenjang pendidikan SD-SMA/sederajat lebih dari 350 peserta se-Riau, dibuka oleh Gubernur Riau yang di wakili oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau M Job Kurniawan, dengan narasumber Drs Zulfikri Anas,.M.Ed Plt Kepala Pusat Kurikulum Asesmen Pendidikan Kemendikbudristekdikti, Kepala Kanwil Kantor Agama Riau Dr Mahyudin.MA yang di wakili oleh Kabid Pendidikan Madrasah Dr H Muliardi.M.Pd, Rektor Unilak Dr Junaidi SS.M.Hum, Guru Besar UNRI yang juga Ketua Yayasan Raja Ali Haji Prof Dr Irwan Effendi, dan moderator Kaprodi Magister Pedagogi Unilak Dr Marwa.S.Pdi.MA.

Dekan Sekolah Pascasarjana Unilak Riau Dr Adolf Bastian.M.Pd mengatakan kita semua sepakat bahwa esensi kurikulum merdeka ini adalah bagaimana memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa sebagai individu belajar untuk mengembangkan segala potensinya termasuk hiddeen potensial (potensi tersembunyi) sehingga murid kita tumbuh dan berkembang sesuai potensi yang ada pada diri.

“Seminar ini kita berharap memiliki pandangan yang sama persepsi yang sama, bagaimana sesungguhnya esensi kurikulum merdeka ini mampu implementasikan di tengah-tengah keluarga, ditengah masyarakat dan tengah-tengah negara RI. Sehingga ini adalah salah satu bentuk partisipasi dari kepedulian Sekolah Pascasarjana untuk memberikan ruang kepada kita bersama untuk berdiskusi pandangan tentang kurikulum merdeka,” ujar Dr Adolf Bastian yang juga tokoh pendidikan Riau ini.

Dikatakan Dr Adolf Bastian bahwa dalam seminar ini juga dilakukan peresmian Magister Pedagogi di Unilak. Saat ini di Unilak telah lebih dulu berdiri Magister Ilmu Hukum Magister Manajemen. Kita berharap dengan hadirnya Magister Pedagogi dapat disosialisaikan oleh guru dan kepala sekolah di Riau kepada masyarakat luas dan dapat bergabung bersama.

Peresmian Magister Pedagogi ditandai dengan pemukulan gong oleh Drs Zulfikri.M.Ed yang disaksikan oleh Prof Dr Irwan Effendi, Dr Junaidi SS.M.Hum dan Dr Adolf Bastian.*