Mahasiswa Unilak Raih 4 dari 8 Medali POMNAS 2023, KONI Riau Memberikan Apresiasi

Ketua Koni Riau Iskandar Husin

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ke-18 yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan telah menyaksikan keberhasilan mahasiswa Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau meraih 4 dari 8 medali yang berhasil diraih oleh provinsi tersebut. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, H Iskandar Husein, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian gemilang ini.

Pernyataan apresiasi disampaikan oleh H Nurmadi, yang menangani bidang Humas KONI Riau, pada Kamis, 30 November 2023. Menurutnya, prestasi yang diraih oleh mahasiswa Unilak bukan hanya sekadar keberhasilan dalam ajang olahraga, tetapi juga mencerminkan komitmen Unilak dalam memberikan dukungan dan pembinaan bagi perkembangan olahraga di Riau melalui mahasiswa.

Nurmadi menekankan bahwa Unilak tidak hanya menjalankan pembinaan olahraga melalui Pengprov Cabang Olahraga, namun juga melibatkan sekolah-sekolah dan universitas. Dukungan ini mencakup aspek pembiayaan, pembinaan atlet, hingga penyediaan fasilitas olahraga di kampus-kampus Unilak. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa Unilak berkomitmen untuk mendorong prestasi olahraga di tingkat nasional.

“Mudah-mudahan ke depan, Unilak terus mengukir prestasi, dan para atlet berprestasi dapat menjadi kekuatan tambahan bagi Riau dalam berbagai even nasional, seperti Porwil dan PON. Bahkan, harapan kita adalah mereka bisa membawa nama baik Indonesia di ajang internasional,” ujar Nurmadi, yang juga seorang pelatih sepak bola dengan lisensi AFC.

Dalam POMNAS ke-18 di Kalimantan Selatan, Riau berhasil menempati peringkat ke-18 dengan torehan 8 medali, terdiri dari 1 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Dari jumlah tersebut, mahasiswa Unilak turut menyumbangkan 4 medali. Cabang olahraga yang berhasil meraih medali meliputi Sepak Takraw putri (1 emas, 1 perak), Atletik (2 perunggu), Pencak Silat (2 perak, 1 perunggu), dan Tenis Lapangan putra (1 perunggu).

Mahasiswa Unilak berhasil menyumbangkan medali melalui prestasi gemilang dalam cabang olahraga Sepak Takraw, Catur Cepat, dan Pencak Silat, memperkukuh posisi Unilak sebagai pelopor prestasi olahraga di Riau.*

BACA JUGA:  Sebelum Malam Puncak EA VI, Unilak Gelar Entrepreneur Festival