Mantap! Mahasiswa Unilak Dapat Dana Bantuan Program P2MW dari Kemendikbudristek

Dr Bagio Kadaryanto SH MH.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Sebanyak 4 proposal garapan Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak) lolos mendapatkan pendanaan bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Keempat proposal garapan mahasiswa tersebut masing-masing judulnya pertama; “MAKUSE Manisan Kulit Semangka si legit beragam rasa pemanis di setiap suasana”, kedua; “Durpas Dealova Bisnis Durian Kupas Tanpa Rasa Bersalah”, ketiga; “Melayu Fashionography Upaya Pelestarian Budaya Lewat Jasa Penyewaan Fashion Melayu dan Fotografi” dan keempat; “Tech Two Scientific”.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr Bagio Kadaryanto menjelaskan, P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti.

“Saya ucapakan selamat kepada tim mahasiswa Unilak yang berhasil meraih dan bantuan. Semoga ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya. Dan bagi mahasiswa penerima dapat mengembangan usaha. Saya juga apresiasi kepada tim P2K2 maupun dosen pembimbing,” ucap Dr Bagio Kadaryanto SH MH di Pekanbaru, Sabtu (23/06/2023).

Dr Bagio menjelaskan, program P2MW Kemendikbud melalui Ditjen Diktiristek ini melahirkan mahasiswa wirausaha dan penguatan ekosistem kewirausahaan di Perguruan Tinggi.

Beberapa tahun lalu, sambung Dr Bagio, Unilak telah memulai memasukkan mata kuliah kewirausahaan dalam rangka mencipatkan pengusaha muda di kalangan mahasiswa. Tentunya ini sejalan dengan program pemerintah. Ketika tamat kuliah, meraka telah memiliki bekal dan modal untuk menjadi pengusaha.

“Saya mendorong mahasiswa Unilak untuk aktif mengikuti program-program pendanaan baik berasal dari pemerintah maupun dunia industri. Keberhasilan mahasiswa Unilak menjadi bukti bahwa bisa besaing dengan mahasiswa se Indonesia, artinya jika ada kesempatan maka ambil peluang itu,” ujar Dr Bagio.

Sementara itu, Kepala P2K2 Unilak Dr Indra Purnama menjelaskan, ada empat tim yang diraih oleh mahasiswa Unilak. Tiap tim ada ketua, anggota dengan dosen pembimbing. Tentunya keberhasilan ini meraih pendanaan minjadi kado Milad Unilak ke 41.

BACA JUGA:  Bawaslu Riau Raih Penghargaan Ajang Anugerah Tinarbuka Komisi Informasi Pusat

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Rektor yang memberikan dukungan,” katanya.

Terkait penerima bantuan program P2MW 2023 ini, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswan telah melakukan seleksi subtansi dan justifikasi anggaran yang telah diajukan oleh perguruan tinggi dan mahasiswa yang telah lolos seleksi bantuan peningkatan ekosistem wirausaha di perguruan tinggi melalui P2MW 2023.*

Empat Tim yang Mendapatkan Dana Bantuan yaitu:

– Tim 1 :

Emima Pratiwi Siburian (Ketua Tim Fakultas Pertanian)
Anggota:
Letifanni Magdalena Allo (Fakultas Pertanian)
Fahirah Sri Wahyuni (Fakultas Pertanian)
Muhammad Fadli (Fakultas Pertanian)
Judul Proposal:
“MAKUSE Manisan Kulit Semangka si legit beragam rasa pemanis di setiap suasana”
Dosen Pembimbing: Ir Latifa Siswati MP.

– Tim 2

Febrian Serwianto (Ketua Tim/ Fakultas Hukum)
Anggota:

Riki Ardiansyah (Fakultas Pertanian)
Wili Jhonatan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
Judul: Durpas Dealova Bisnis Durian Kupas Tanpa Rasa Bersalah
Dosen pembimbing: Dr Indra Purnama M.Sc.

– Tim 3

Ferdiansyah Syafrizal (ketua tim/ Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Anggota:
Herman Farmi (Fakultas Pertanian)
Ade dwi Saputri (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
Frans Rizky Ramadhanta ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
Judul: Melayu Fashionography Upaya Pelestarian Budaya Lewat Jasa Penyewaan Fashion Melayu
dan Fotografi
Dosen pembimbing: Dr Indra Purnama MSc.

– Tim 4

Winanda (ketua tim/Fakultas Teknik)
Anggota:
Aditya Dwitama Arsel (Fakultas Teknik)
Marcelius Raja Manahan (Fakultas Fasilkom)
Judul: Tech Two Scientific
Dosen pembimbing: Dr David Setiawan ST MT.