Nasywa Nayifa Salsabila: Kisah Penerima Beasiswa Prestasi PHR yang Penuh Inspirasi

Nasywa Nayifa Salsabila saat menerima sertifikat yang diserahkan oleh Gubernur Riau Syamsuar, pada acara Penganugerahan dan Inaugurasi Penerima Beasiswa Prestasi S-1 PHR, di Gedung Pertemuan RCC Rumbai.Foto: PHR

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Cerita Nasywa Nayifa Salsabila mengenai perjalanannya sebagai penerima Beasiswa Prestasi S-1 Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun 2023 telah menginspirasi banyak siswa di Riau. Nasywa, salah satu dari sepuluh penerima beasiswa prestasi terbaik, menceritakan perjuangan dan rasa syukur yang mendalam atas kesempatan emas ini.

Dengan total 1.786 siswa yang mendaftar, seleksi Beasiswa Prestasi PHR S-1 menjadi kompetisi ketat. Nasywa, lulusan MAN Insan Cendikia Siak, menjadi salah satu pemenang berkat dedikasi dan semangatnya.

Saat menerima surat elektronik dari Pertamina Foundation (PF) pada awal Mei 2023, Nasywa tidak bisa menyembunyikan rasa haru dan bahagianya. Air mata kebahagiaan pun tak terelakkan. Dalam surat itu, kabar baik datang bahwa ia terpilih sebagai salah satu penerima Beasiswa Prestasi S-1 PHR.

“Saya sangat terharu dan menangis usai menerima kabar bahagia ini,” kata Nasywa, yang berasal dari Bangkinang, Kampar.

Nasywa segera berbagi berita tersebut kepada orang tua, yang saat itu berada di luar kota. “Saya mendengar suara bunda bergetar di ujung telepon. Dia mengucapkan selamat atas keberhasilan saya menerima beasiswa penuh dari PHR,” cerita Nasywa.

Motivasi Nasywa untuk mengikuti program Beasiswa Prestasi PHR tumbuh setelah ia mendapat informasi dari guru di sekolahnya pada Maret 2023. Baginya, beasiswa penuh adalah kesempatan berharga untuk melanjutkan pendidikan tinggi tanpa memberikan beban finansial pada orang tua.

Walaupun pesimis pada awalnya mengingat banyaknya pesaing hebat, Nasywa tetap semangat dalam menghadapi serangkaian seleksi. “Saya menyadari kuliah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ini adalah peluang emas untuk meringankan beban orang tua,” ungkapnya.

Melalui tahapan seleksi yang ketat, termasuk Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara, dan Diskusi Grup Terarah (FGD), Nasywa berhasil melewati semua dengan dedikasi dan semangat. Meskipun merasa cemas menghadapi peserta yang berbakat, Nasywa dapat mengendalikan dirinya dan berhasil lolos sebagai penerima beasiswa.

BACA JUGA:  Tiga Calon Direktur Utama BRK Syariah Lulus Uji Kelayakan dan Kepatutan

“Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Tidak pernah terbayangkan bisa sampai sejauh ini. Tentunya ini berkat doa orang tua,” ujar Nasywa.

Nasywa juga merupakan siswi berprestasi di sekolahnya, selalu masuk dalam lima besar peringkat kelas. Dia aktif dalam lomba-lomba ekonomi dan akuntansi serta berhasil menjuarai Olimpiade Sejarah di FKIP Unri pada tahun 2022.

Di samping prestasi akademik, Nasywa juga terlibat dalam organisasi sekolah, seperti OSIS, dan klub jurnalistik yang menerbitkan majalah sekolah secara berkala.

Nasywa memilih Jurusan Ekonomi di Universitas Pertamina karena minatnya terhadap bidang ekonomi dan akuntansi. “Penting bagi kita untuk memahami ekonomi karena itu berkaitan erat dengan setiap aspek masyarakat,” paparnya.

Melalui Beasiswa Prestasi PHR, Nasywa berkomitmen untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Ia berencana untuk terus mengejar prestasi, bergabung dengan organisasi kemahasiswaan, dan terlibat aktif di kampus.

Ayah Nasywa, Fahraini Khas, mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina Hulu Rokan dan Pertamina Foundation atas kesempatan yang diberikan kepada anaknya. “Semoga beasiswa ini membantu masa depannya yang cemerlang,” ujarnya.

Program Beasiswa Prestasi PHR tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga mendukung pengembangan kapasitas dan aksi sosial para penerima. Corporate Secretary PHR WK Rokan, Rudi Ariffianto, menegaskan bahwa program ini adalah wujud komitmen Pertamina dalam meningkatkan kualitas SDM Riau dan mencetak generasi pemimpin masa depan yang kompetitif.

Beasiswa Prestasi PHR memberikan beragam manfaat kepada pemenang selama menjalani kuliah. Para penerima akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan SPP/UKT, biaya hidup dan pendukung serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

“Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau, dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing,” kata Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto.*