Optimalkan Persiapan HAKIN 2023 di Kampar, Kamsol Lakukan Pertemuan Dengan KI Riau

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Penjabat Bupati Kampar Kamsol, melakukan pertemuan dengan Komisi Informasi (KI) dan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Riau.

Pertemuan ini dalam rangka menyongsong pelaksanaan peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kampar, Selasa (9/5/2023).

Pertemuan yang digelar di Kantor Komisi Informasi Provinsi Riau itu diikuti oleh Sekretaris Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Riau Sri Mekka selaku mewakili Kepala Dinas, Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau Zufra beserta jajaran dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril dan para kabid di Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar.

Pada pertemuan tersebut, beberapa hal dibicarakan mengenai persiapan pelaksanaan HAKIN Tingkat Nasional Tahun 2023, seperti akomodasi, transportasi dan konsumsi serta segala hal yang dijadikan sebagai pendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

Seperti yang diketahui, peringatan HAKIN Tingkat Nasional kali ini akan dilaksanakan di Kabupaten Kampar pada Tanggal 16 – 17 Mei 2023 dan akan dihadiri oleh 2 menteri, yakni Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI Mohd. Mahfud, MD, KPU Pusat, Bawaslu Pusat, DKPP Pusat dan Gubernur se Indonesia. Untuk Provinsi Riau, akan mengundang seluruh Bupati, Camat dan Lurah serta Kepala Desa.

Dalam pertemuan ini Pj. Bupati Kampar menyampaikan agar melakukan optimalisasi atas persiapan dan segala kebutuhan dalam perhelatan ini.

“Ini acara besar, dan Kabupaten Kampar yang merupakan Kabupaten di Provinsi Riau telah ditunjuk selaku Tuan Rumah Penyelenggara HAKIN ini dan ini merupakan kehormatan yang besar juga,” sebut Kamsol.

Dia meminta persiapan segala sesuatunya sedetail mungkin agar pelaksanaan sesuai dengan yang diharapkan. “Untuk itu segerakan penyelesaian persiapan,” demikian ditegaskan Kamsol.

BACA JUGA:  Danrem 082/CPYJ dan Aster Panglima TNI Resmikan Situs Cagar Budaya

Kamsol menambahkan, HAKIN menjadi peluang masyarakat untuk meningkatkan peran serta dalam penyelenggaraan negara, mendorong untuk pengolahan pelayanan informasi semakin lebih baik.

“Bagaimana mewujudkan pemerintah yang terbuka dengan keterbukaan informasi publik yang kita lakukan, ada sinergi pemerintah dan masyarakat, yang menarik, ini juga dapat menangkal berita bohong (hoaks),” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar juga ikut memaparkan persiapan-persiapan yang telah dilakukan mulai dari penyambutan serta pelaksanaan sampai berakhirnya perhelatan, seperti media informasi yang menyiapkan segala bentuk baliho dan spanduk-spanduk, malam penyambutan yang direncanakan di Labersa Hotel, sarana prasarana, transportasi dan akomodasi lainnya.

Diinformasikan juga olehnya bahwa dalam penyelenggaraan HAKIN ini juga akan dilaksanakan Kuliah Umum sekaligus sebagai sarana Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Kuliah umum nantinya akan dilaksanakan di UIN Susqa Pekanbaru dan Pj. Bupati Kampar juga didapuk sebagai pembicara, serta Talk Show TVRI dan RRI,” ujarnya.

Kemudian, Ketua Komisi Informasi Riau Irwan Zufra yang didampingi oleh 4 Komisioner KI Riau menyatakan bahwa dalam acara ini nantinya akan melibatkan semua stekholder baik dari Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar selaku tuan rumah penyelenggara, dengan tujuan sukses penyelenggaraan dan pelaksanaan.

“Dengan adanya peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional yang diharapkan dapat memperkuat komitmen pemerintah dan badan publik dalam mewujudkan trasparansi dan keterbukaan akuntabilitasnya, sehingga dalam setiap pelayanan informasi kepada masyarakat lebih response, cepat, tepat dan sederhana,” kata Ketua KI tersebut.*