Pekan Raya Biologi Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unri Kembali Digelar Januari 2023

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Sri Wulandari, M. Si. Foto: Istimewa

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (FKIP Unri) kembali menyelenggarakan kegiatan Pekan Raya Biologi.

Pekan Raya Biologi ini akan berlangsung di beberapa tempat seperti ruangan Micro Teaching, seluruh ruang kelas FKIP dan Laboratorium PMIPA pada Januari 2023 mendatang

Pesertanya mulai dari tingkat SMP, SMA se Riau dan Kepulauan Riau serta mahasiswa seluruh Indonesia.

Ketua PRB 2023 Virginie Senafella melalui keterangan tertulis yang dikirimkan menjelaskan, agenda yang mencakup wilayah se Indonesia ini menyajikan serangkaian perlombaan seperti Uji Kompetensi Tertulis se Riau dan Kepulauan Riau, Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA), Cepat Tepat (SMP-SMA), Lomba Karya Tulis Remaja (SMPSMA), Lomba Karya Tulis Ilmiah se-Indonesia, Bio Expo School Competition (SMP-SMA), Fotografi Nasional se Indonesia, Fotografi SMP-SMA se Riau dan Kepulauan Riau; Melukis (SMP-SMA) dan Seminar Pendidikan. “Target seluruh peserta yaitu 1.450,” katanya.

Dia mengabarkan, serangkaian kegiatan dikemas dalam suatu ajang kompetisi bergengsi yang menuntut kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan saintis kreatif, produktif dan inovatif.

“Seluruh panitia sedang menyusun dan mempersiapkan secara penuh konsep acara yang akan digunakan untuk PRB 2023 nanti. Dan jami akan memberikan yang terbaik, karena kami membawa nama baik Universitas terkhususnya Prodi Pendidikan Biologi” ujar Virginie Senafella.

Pembukaan Stand Pendaftaran peserta PRB 2023 akan dilaksanakan pada Senin, 14 November 2022 mendatang di kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau.

Virginie juga berharap antusiasme peserta tahun ini lebih tinggi dari sebelumnya karena PRB tahun ini juga akan dilaksanakan full offline dan tentunya pasti akan sangat bermanfaat bagi peserta.

“Bukan tanpa alasan pendidikan diutamakan dan bukan tanpa alasan PRB diselenggarakan. Jadi, persiapkan dirimu untuk Pekan Raya Biologi 2023 mendatang!,” ujar Virgine.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unri Dr Sri Wulandari MSi mengatakan, kemajuan suatu bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan dalam pendidikan.

“Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia yang lebih unggul. Kami selaku dosen mendukung penuh acara ini dan menyambut seluruh peserta dengan tangan terbuka,” katanya.

Dikatakannya, persaingan di industri menjadi kian hari kian ketat. Hal ini salah satunya dilatarbelakangi dengan perkembangan industri yang sudah memasuki revolusi industri 5.0.

Karena itu, kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan melalui usaha peningkatan kualitas pendidikan. Tak hanya itu, penguasaan soft skill atau kemampuan yang bersifat afektif dan psikomotrik juga memiliki peran yang sangat penting.*