Pemerintah Riau Serius Tangani Masalah Jalisbon Pelalawan

Gubri Syamsuar meninjau langsung kondisi perbaikan jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti-Sebekek, Jumat (11/11/2022). Foto: bams

BeritaAzam.com, Pelalawan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau selalu berupaya membangun dan mengembangkan infrastruktur ke setiap daerah. Salah satunya seperti menangani permasalahan Jalan Lintas Bono (Jalisbon) di Kabupaten Pelalawan.

Perbaikan Jalisbon tersebut bukan hanya semata-mata untuk membangkitkan pariwisata Desa Bono Teluk Meranti, tapi juga untuk mempermudah akses lalu lintas masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau H Erisman Yahya ketika dikonfimasi, Senin, 14 November 2022 menyampaikan, jalan ke arah Teluk Meranti sudah jauh mengalami perubahan. Terbukti jalan menuju Bono saat ini sudah beraspal. Tentu ini sebagai bentuk bukti kerja Pemprov Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau M Arief Setiawan menjelaskan, perbaikan jalan ini dilakukan secara bertahap. Untuk jalan Simpang Teluk Meranti menuju Sebekek dengan panjang ruas 50 Kilometer sudah progres fisik terealisasi 40 persen.

“Kami menyelesaikan bertahap-tahap dari Simpang Bunut ke arah ujung Teluk Meranti dahulu. Ini kami mulai 15 Mei dan target selesainya 8 Desember nanti,” jelasnya.

Kalau jalan Simpang Teluk Meranti ke arah Sebekek, katanya, menunggu dana dari APBD Perubahan.

“Kalau anggaran itu sudah turun pasti kita langsung gerak. Selain mempermudah akses lalu lintas masyarakat, tentu saja ini juga cara kita untuk mendukung perkembangan objek wisata bono.” pungkasnya.

Sebagai informasi, melalui data Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau penyelenggaraan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Pelalawan tahun 2023 memiliki Pagu Dana dari APBD Riau berjumlah Rp53.867.935.840,00 dengan target 9,39 kilometer (km).

Pembangunan Jalan Teluk Meranti-Sebekek 4,89 KM dengan anggaran Rp19.892.365.840,00

Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti 3,5 km dengan anggaran Rp28.355.220.000,00

Pembangunan Jalan Sebekek-Guntung 1 km dengan anggaran Rp5.620.350.000,00.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau langsung kondisi perbaikan jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti-Sebekek, Jumat, 11 November 2022.

Pada kesempatan itu, Gubri didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau M Arief Setiawan.

Sebelumnya, Gubri Syamsuar mendengar aspirasi masyarakat melalui Bupati Pelalawan Zukri yang mengatakan, bahwa akses jalan menuju Desa Wisata Bono sudah mengalami perubahan. Namun, untuk arah Teluk Meranti menuju Sebekek jalannya belum beraspal.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Syamsuar saat peninjauan itu mengintruksikan kepada Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau untuk mempercepat progres perbaikan jalan. Karena menurutnya jalan disimpang Teluk Meranti menuju Sebekek ini jika hujan pasti akses jalan masyarakat sulit.

“Kalau jalan yang seperti ini saya harapkan harus didahulukanlah, karenakan kalau musim penghujan pasti jalan seperti ini susah dilalui. Makanya, saya harapkan progresnya kalau bisa dipercepat,” ucap Gubri.*