Perayaan Hari Jadi ke-41 FKIP UIR: Mengusung Semangat Bersama Menuju Kemajuan Global

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-41, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan acara Milad dengan tema “Eratkan Silaturahmi dan Profesionalisme Menuju FKIP Islami Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa”.

Acara puncak Milad, yang merupakan salah satu fakultas tertua di UIR, diadakan di Auditorium Zaini Kunin FKIP UIR pada hari Senin, tanggal 5 Juni 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh, antara lain Ketua TP PKK Pekanbaru, Raja Rilla Mustafa Muflihun; Dasril dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau; Toha Mahsum, Kepala Balai Bahasa Riau; serta berbagai mitra kerjasama. Selain itu, turut hadir pula jajaran pimpinan YLPI Riau, termasuk Ketua YLPI Riau, Prof. Dr. H. Nurman, M.Si; Wakil Rektor I, Dr. Syafhendry, M.Si; Wakil Rektor II, Dr. Firdaus AR, SE, M.Si, AK, CA; Wakil Rektor III, Dr. Admiral, SH, MH; serta Dekan dan Wakil Dekan dari lingkungan Universitas Islam Riau.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FKIP UIR, Dr. Miranti Eka Putri, S.Pd., M.Ed., menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam memajukan FKIP UIR sejak berdiri pada tahun 1982 hingga saat ini, terutama kepada para dosen dan dekan yang telah pensiun.

“Dengan slogan Milad FKIP UIR, yaitu Bersama Maju dan Mendunia, kami berharap agar seluruh civitas akademika dan stakeholder dapat bersama-sama membangun FKIP UIR untuk menciptakan generasi pendidik yang berkualitas dan mencerdaskan anak-anak bangsa,” ujar Miranti.

Miranti juga meminta dukungan dari para hadirin agar mendoakan kelancaran, kesuksesan, dan keberkahan bagi FKIP UIR di masa depan.

Acara kemudian dibuka oleh Wakil Rektor I, Dr. Syafhendry, M.Si., yang mewakili Rektor UIR, dengan mengucapkan selamat atas usia FKIP UIR yang telah mencapai 41 tahun, yang merupakan usia emas.

BACA JUGA:  Tips Sukses Karir bagi Mahasiswa Jurusan IT ala CEO SEVIMA

“Usia 41 tahun adalah usia yang tidak lagi muda, usia yang sudah senior dan penuh dengan sejarah,” ungkap Syafhendry.

Syafhendry menambahkan bahwa FKIP UIR telah menunjukkan perkembangan yang pesat di UIR dengan jumlah mahasiswa yang banyak serta sarana dan prasarana yang memadai. Ia berharap pencapaian tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan.

Selama perayaan Milad ini, FKIP UIR telah mengadakan berbagai kegiatan edukatif dan kreatif, seperti pertandingan olahraga (sepak bola, bola voli, bola tangan, panahan, dan futsal) yang diikuti oleh dosen karyawan UIR dan siswa SMA setempat. Selain itu, dilakukan juga penanaman 1000 pohon di Desa Empat Balai, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar.

Selain itu, terdapat pula layanan kesehatan dan donor darah, lomba video singkat dengan pesan inspiratif dan kreatif, panggung seni pertunjukan mahasiswa, kompetisi entrepreneur, pelatihan membaca puisi, konferensi internasional “Soleram”, workshop nasional pendidikan, serta kompetisi sains matematika.*