Perayaan Hari Puisi di Kampar, Kamsol Nyatakan Hadir

Bupati Kampar Dr H Kamsol MM bersama tim Komunitas Seni Rumah Sunting yang menginisiasi Perayaan HPI setiap tahun di Riau saat berkunjung ke rumah dinasnya di Bangkinang, Rabu (24/08/2022).

Beritaazamcom, Kampar – Bupati Kampar Dr H Kamsol MM siap hadir dalam Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Kabupaten Kampar, tepatnya Dusun Pulau Belimbing yang mengusung tema Puisi Maimbou Kobuo.

Hal itu disampaikan Kamsol kepada tim Komunitas Seni Rumah Sunting yang menginisiasi Perayaan HPI setiap tahun di Riau saat berkunjung ke rumah dinasnya di Bangkinang, Rabu (24/08/2022).

“Insya Allah Saya hadir, karena Hari Minggu 11 September Saya sudah kembali ke Kampar,” kata Kamsol.

Bupati mendukung kegiatan Perayaan HPI apalagi berbasis ekonomi kerakyatan yakni dengan dilaksanakannya bazar kuliner dan bazar UMKM selama tiga hari, mulai 9 hingga 11 September.

Founder Rumah Sunting Kunni Masrohanti yang juga seniman/budayawan Riau, mengatakan, Hari Minggu pagi itu akan dilaksanakan penanaman 500 bibit pohon dari BPDASHL Inrok KLHK. Bupati datang Minggu pagi dan akan melakukan penanaman secara simbolis.

“Perayaan Hari Puisi ini bukan hanya puisi tapi ada pertunjukan seni tradisi Pulau Belimbing juga, khususnya Sandiwara Amal yang sangat spesial dan asli dari Pulau Belimbing. Pagi Minggu hari ketiga pelaksanaan. Bupati hadir untuk ikut melakukan penanaman pohon dan silaturrahmi dengan masyarakat Pulau Belimbing,” kata Kunni.

Kegiatan selama tiga hari itu akan diawali dengan bazar kuliner pada tanggal 9, dilanjutkan dengan Jelajah Budaya pada Hari Sabtu, pertunjukan puisi dan seni pada Sabtu malam dan penanaman pohon pada Minggu pagi.

Jelajah Budaya meliputi Berburu Galopuong, Mancokam Puyuoh, Baiiu Sungai, Menggelek Tobu, Makan Bajambau dan berkunjung ke Cagar Budaya Rumah Lontiok.*