Peringati HBN ke-75, FPK Riau dan PSMTI Gelar Baksos Donor Darah dan Perekaman IKD

Pengurus FPK Riau menggelar rapat persiapan peringatan Hari Bela Negara ke-75 yang diisi dengan kegiatan baksos donor darah dan Perekaman e-KTP Digital.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau bersama Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Provinsi Riau, Badan Kesbangpol Provinsi Riau dan UPT PMI Kota Pekanbaru menggelar bakti sosial (baksos) donor darah yang akan diselenggarakan di lantai 3 Mal Pekanbaru mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB, Selasa (19/12/2023).

Baksos donor darah ini digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-75.

Sebelum donor darah, Selasa pagi, ratusan anggota Paguyuban yang tergabung dalam FPK Provinsi Riau bersama peserta upacara lainnya mengikuti upacara HBN di halaman Kantor Gubernur Riau. Pada upacara HBN ke-75 Provinsi Riau ini Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, S.Ip bertindak sebagai inspektur upacara.

Ketua FPK Provinsi Riau, Drs H Auni M Noor M.Si kepada media di Kantor Kesbangpol Riau, Senin (18/12/2023) mengungkapkan, HBN diperingati pada 19 Desember setiap tahunnya untuk mengenang peristiwa sejarah Agresi Militer Belanda ke-2 tahun 1948 atau 74 tahun lalu.

“Donor darah ini bagian dari mengisi perayaan HBN ke-75. Ini juga ibadah bagi agama apapun. Karena akan menolong seseorang yang membutuhkan darah di rumah sakit. Di samping itu, kita mengharapkan juga dalam pelaksanaan donor darah nanti kita mengimbau seluruh anggota paguyuban yang ada, ataupun di luar paguyuban ikut dalam donor darah tersebut. Semakin banyak, tentu semakin bagus,” harap Auni M Noor mantan Wabup Rohul ini.

Senada dengan itu, Ketua PSMTI Provinsi Riau, Stephen Sanjaya menyampaikan, saat donor darah juga ada kegiatan perekaman e-KTP Digital/IKD. Untuk perekaman e-KTP Digital ini, PSMTI Riau bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru.

“Agar tidak terjadi penumpukkan warga saat perekaman e-KTP Digital, kita menyiapkan delapan meja. Di setiap meja, pihak Disdukcapil juga menyediakan delapan komputer untuk alat perekam e-KTP Digital. Dan itu sudah kami lakukan dua bulan lalu di Kantor PSMTI Riau dengan jumlah yang sama, tapi pesertanya berjumlah 420 lebih,” sebut Stephen Sanjaya.

BACA JUGA:  Dinilai Sukses Berdayakan Masyarakat dan Lingkungan, PHR Dianugerahi PPM Award 2023

Untuk donor darah ini, sebut Stephen, targetnya sebanyak 400 peserta. Dan untuk peserta donor darah akan disiapkan hadiah 175 pcs bantal sumbangan dari PSMTI Riau, 50 pcs Chair Pad dan sajadah sumbangan dari Ketua KKIH.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting menyebutkan, kegiatan donor darah dalam rangka HBN merupakan salah satu terobosan yang dilakukan FPK Riau di bawah kepemimpinan Auni M Noor.

“Dua tahun saya di sini sebagai Kaban Kesbangpol ini, Alhamdulillah FPK sudah terkenal. Apalagi FPK juga telah sukses menyelenggarakan pawai budaya beberapa waktu lalu. Ini sebagai contoh, bahwa tahun depan seluruh FPK yang ada di Indonesia akan datang ke Provinsi Riau. Ini suatu agenda nasional yang telah disampaikan salah seorang direktur di Kementerian Dalam Negeri,” pungkas Jenri Salmon Ginting.*