Perjalanan Inspiratif Pramana K. Tarigan: Dari Anak Medan ke Head of Sales Nasional Terbaik 2022

Pramana K. Tarigan

BeritaAzam.com, Medan – Bukan hal yang mudah bagi seseorang yang berasal dari Medan, kota yang jauh dari pusat bisnis nasional, untuk meraih prestasi cemerlang di dunia pekerjaan. Namun, Pramana K. Tarigan, seorang lulusan jurusan Teknik Mesin asal Medan, telah membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, ia dapat sukses menjabat sebagai VP – Head of Sales Northern Sumatera Indosat Ooredoo Hutchison untuk brand Tri.

Pramana, yang akrab disapa Pram, lahir dan besar di kota Medan, Sumatera Utara. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Sumatera Utara pada tahun 2003, ia memutuskan untuk mencari peluang pekerjaan di luar kota. Merantau ke kota Pekanbaru, Riau, Pramana memulai karirnya di dunia distribusi bersama British American Tobacco sebagai Associated Marketing Officer hingga tahun 2008. Setelah itu, ia bergabung dengan PT. Hutchison Charoen Pokpand Telecommunication (HCPT) melalui brand Tri sebagai Territory Supervisor di area Duri dan Dumai, Provinsi Riau Sumatera Utara.

“Saya dipercaya selama 2 tahun untuk mengembangkan brand Tri di area Duri dan Dumai. Dengan strategi penjualan yang tepat, Tri Indonesia berhasil tumbuh dengan performa yang bagus di area tersebut. Hal ini akhirnya membuka peluang bagi saya untuk menjadi Head of Branch di Aceh pada tahun 2013,” ujarnya dengan semangat.

Pindah dari Provinsi Riau ke Provinsi Aceh membawa Pramana pada pengalaman baru yang unik dan menantang sebagai kepala cabang. Pengalaman berharga selama 15 tahun bekerja di Tri Indonesia, terutama di Aceh, menjadi kenangan tak terlupakan baginya.

“Aceh adalah salah satu provinsi yang aman dan nyaman untuk ditinggali, dan masyarakat Aceh sangat terbuka terhadap pendatang. Ini memudahkan brand Tri Indonesia untuk membangun hubungan dengan distributor dan pengecer. Namun, kami juga menghadapi tantangan tersendiri karena Aceh memiliki peraturan khusus yang harus dipatuhi oleh perusahaan,” ungkap Pramana yang terinspirasi oleh kakaknya untuk memilih jurusan Teknik Mesin.

BACA JUGA:  Aksi Chef Norman Ajari Ibu-Ibu Pekanbaru Masak Ramen Patin Asam Pedas

Perjuangan Pramana dalam mengembangkan pasar Aceh tidak sia-sia, karena penjualan tumbuh dengan angka double digit dan menjadikan brand Tri sebagai provider nomor 2 di Aceh. Kesuksesannya membawa Pramana mendapat kesempatan untuk meraih posisi yang lebih tinggi lagi. Setelah hampir 15 tahun berkarir bersama Tri Indonesia, Pramana akhirnya memimpin sebagai Regional Marketing Head, dan pada tahun 2021, ia mencapai puncak karirnya sebagai VP – Head of Sales Northern Sumatera setelah PT. Hutchison Indonesia melakukan merger dengan PT. Indosat Tbk.

Berkat kerja keras tim di bawah kepemimpinannya, Pramana berhasil meraih penghargaan Head of Sales Terbaik tahun 2022 tingkat nasional, mewakili brand Tri, dalam ajang Kick Off Commercial Indosat Ooredoo Hutchison pada bulan Januari 2023 di Bali. Penghargaan ini didasarkan pada pencapaian tertinggi dalam pendapatan dan jumlah pelanggan dari semua provinsi di Indonesia.

“Penghargaan ini sangat prestisius dan membanggakan, karena ini pertama kalinya saya mendapatkannya. Saya berhasil karena dikelilingi oleh tim yang luar biasa, dan kemenangan ini adalah milik mereka. Semoga ini dapat menjadi inspirasi bagi pemimpin-pemimpin baru di Indosat,” ucapnya dengan bangga.

Setelah merger, Pramana melihat bahwa brand Tri memiliki perbandingan yang positif dengan brand IM3 yang telah lama berkecimpung dalam bisnis telekomunikasi. Menurutnya, “Secara pribadi, saya dan tim dapat belajar banyak untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kami. Ketika kami menunjukkan pertumbuhan dan fokus pada pendapatan perusahaan, tantangan dan jabatan akan mengikuti.”

Namun, Pramana juga meyakini bahwa setiap orang harus terus belajar sepanjang hidupnya, karena tidak ada manusia yang sempurna. Hal ini telah membantu Pramana K. Tarigan, si anak Medan, dalam setiap perjalanan hidupnya, dari merantau hingga meraih kesuksesan dalam dunia pekerjaan yang berbeda dengan latar belakang pendidikan yang tidak berhubungan secara langsung. Baginya, keluarga adalah tempat untuk berbagi dan merayakan pencapaian, dan dengan dukungan dari keluarga, ia terus maju dan meraih sukses dalam kariernya.

BACA JUGA:  HIMAKI FMIPA Unri Sambangi Fasilitas Laboratorium PHR di Minas

Pramana K. Tarigan meyakini bahwa dunia Sales dan Marketing menawarkan peluang yang luas untuk pertumbuhan karier dan kehidupan yang lebih baik, meskipun juga memiliki konsekuensi dan pengorbanan yang harus dihadapi. Baginya, keberhasilan dalam dunia Sales adalah tentang disiplin dan fleksibilitas, yang telah ia terapkan dalam perjalanan luar biasanya dari anak Medan menjadi salah satu pemimpin terbaik di Indosat Ooredoo Hutchison.*