Perkuat minat Baca di Riau, Unilak dan Dinas Perpustakaan Arsip Hadir di Area CFD

Beritaazamcom, Pekanbaru – Universitas Lancang Kuning Pekanbaru bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau berkolaborasi mengadakan kegiatan memperkuat literasi minat baca masyarakat di Provinsi Riau di area Car Free Day jalan Sudirman, Minggu (7/08/2022).

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan taman bacaan, arena bermain tradisional, cerita dongeng, sosialisasi Prodi S1 dan S2. Donasi buku dari Fakultas Ilmu budaya untuk Forum TBM Riau dalam gerakan sejuta buku taman baca dan Pustaka.

Cerita dongeng dengan judul anak bebek dan angsa yang ditampilkan dari Badan Perpustakaan Arsip mampu menarik minat orangtua dan anak-anak untuk mendengar cerita.

Menurut Pendongeng Perpustakaan Arsip Dahliar Iskandar, manfaat mendongeng baik bagi anak-anak. Pertama, mendongeng bisa meningkatkan minat baca sejak usia dini, mengasah imajinasi anak-anak, kemudian juga mendongeng banyak pesan moral.

“Diujung dongeng harus di sampaikan pesan moral mana yang baik dan mana yang tidak, jadi ketika anak-anak beranjak dewasa akan teringat pesan-pesan moral,” ujar Dahliar Pustakawan Perpustakaan Arsip.

Selain mendongeng, stand Dinas Perpustakaan Arsip juga menampilkan kegiatan mewarnai, permainan ular tangga untuk anak-anak, dll. Ratusan buku bacaan disediakan dan menjadi daya tarik orangtua dan anak-anak.Selain itu, laman mewarnai yang disediakan turut serta dipenuhi anak-anak.

Stand literasi Unilak dan Dinas Perpustakaan terlihat ramai dikunjungi masyarakat yang berolahraga pagi. Senam zumba diikuti ratusan masyarakat.

Sementara itu, stand dari Unilak menampilkan musikalisasi seni budaya, pengenalan Prodi baru Teknologi Hasil Pertanian, senam Zumba, penampilan puisi dari Fakultas Ilmu Budaya, pengenalan Sekolah Pascasarjana Unilak, pengenalan satwa liar dengan menggandeng Youtuber Amar PD. Beberapa jenis ular juga di tampilkan seperti ular tiung, ular piton termasuk pengenalan Satwa liar.

Kepala Bagian Media dan Promosi Unilak M Revnu Ohara menyampaikan, kolaborasi Unilak bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip di harapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak. Dengan rajin membaca maka semakin banyak pengetahuan yang diketahui dan dapat meningkatkan kecerdasaan otak.

“Kami juga mensosialisasikan 26 Prodi yang ada di Unilak. Saat ini Unilak sedang menerima mahasiswa baru, jadi masyarakat yang ingin kuliah dapat memilih kampus Unilak. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip dan Youtuber Amar Pd yang bersama-sama membantu melakukan penguatan literasi bagi masyarakat. Dan di CFD kita sudah empat kali hadir. Setiap minggu di CFD kita akan menampilkan kegiatan yang berbeda-beda,” ucap M Revnu Ohara.*