Perluas Jejak Internasional, UIR Teken Kerjasama dengan 4 Universitas Korsel

Universitas Islam Riau (UIR) terus memperluas jaringan kerjasama internasionalnya dengan menandatangani kesepakatan kerjasama dengan empat universitas dan lembaga di Korea Selatan.

BeritaAzam.com, Bekasi – Universitas Islam Riau (UIR) terus memperluas jaringan kerjasama internasionalnya dengan menandatangani kesepakatan kerjasama dengan empat universitas dan lembaga di Korea Selatan. Penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Kampus London School Public Relation (LSPR) Transpark Bekasi pada hari Rabu, 20 September 2023.

Empat mitra baru UIR yang terlibat dalam kerjasama ini adalah Busan Indonesia Center, Kyungdong University, Sehan University, Jungwon University, dan Mokpo Science University. Rektor UIR, Prof. Dr. H. Syafinaldi, S.H., M.C.L, menjelaskan bahwa kerjasama ini akan difokuskan pada bidang pertukaran pengajaran, pertukaran mahasiswa, dan kehadiran dosen tamu.

Rektor tidak datang sendirian dalam acara ini, tetapi didampingi oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X (Sumbar, Riau, Kepri, Jambi), Afdalisma, SH., M.Pd, serta Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) UIR, Dr. Rendy Prayuda, S.IP., M.Si.

Prof. Dr. Kim Soo, mantan Dubes Korea Selatan untuk Indonesia yang juga menjabat sebagai Chairman of Busan Indonesian Centre, menyambut baik kerjasama internasional ini. Ia berharap bahwa kerjasama ini akan memungkinkan UIR untuk melaksanakan program pertukaran dosen dan mahasiswa ke empat universitas di Korea Selatan.

Beberapa poin penting dalam kesepakatan kerjasama antara UIR dan empat universitas Korea Selatan meliputi pengembangan kurikulum bersama, penyediaan program pembelajaran berbasis proyek, program magang, kesempatan kerja bagi lulusan, kehadiran dosen tamu praktisi, pelatihan upskilling dan reskilling bagi dosen dan instruktur, berbagi sumber daya sarana dan prasarana, penyelenggaraan teaching factory di kampus, program double degree atau joint degree, kemitraan penelitian, penyediaan pengajar bahasa Korea, serta penyelenggaraan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Dengan kerjasama ini, UIR dan mitra-mitranya di Korea Selatan berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan akademik di kedua negara.*

BACA JUGA:  Merangkul Jarak Antar Generasi, IM3 Hadirkan Kampanye “Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet” di Bulan Ramadan