Permprov Riau Ingin Kurangi Warganya Berobat Keluar Negeri

Pemprov Riau menandatangani kesepakatan bersama dengan RS Jejaring Pengampu Layanan Prioritas di Provinsi Riau.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menandatangani kesepakatan bersama dengan Rumah Sakit (RS) Jejaring Pengampu Layanan Prioritas di Provinsi Riau.

Kerjasama ini dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan lebih baik kepada masyarakat.

Acara penandatangan yang berlangsung di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Jumat (23/6/2023) ini dihadiri Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Yuli Astuti Saripawan, Direktur Rumah Sakit Pengampu Nasional, Direktur Pengampu Regional dan tamu undangan lainnya.

Kesepakatan tersebut langsung ditandatangani Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar didampingi Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Yuli Astuti Saripawan serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin.

Saat diwawancarai, Gubri menyampaikan, penandatangan kesepakatan tersebut merupakan komitmen bersama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat Riau.

“Kita tahu, banyak penyakit yang berat-berat di Riau ini seperti jantung, kanker, stroke dan lain sebagainya,” sebut Syamsuar sembari menilai bahwa penyakit berat tersebut tidak bisa ditangani di Kota Pekanbaru baik rumah sakit swasta maupun negeri atau daerah. Maka dari itu, Pemprov Riau membutuhkan rumah sakit yang memiliki tipe A atau memiliki lebih banyak dokter spesialisnya.

“Kerjasama ini terdiri dari beberapa rumah sakit termasuk ada yang dari Padang. Tentunya harapan kita dengan kerjasama ini dapat membantu dalam rangka rujukan sehingga meringankan beban masyarakat yang berobat di Riau. Di samping itu kita harapkan dengan kerjasama ini dapat mengurangi warga kita yang ingin berobat ke luar negeri,” harapnya.

Meskipun saat ini pemerintah sudah resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia, namun orang nomor satu di Riau ini mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dengan penyakit-penyakit yang lain.

BACA JUGA:  Melalui Dongeng, Swadaya Ummah Kenalkan Jasa Pahlawan kepada Para Siswa

Saat penandatanganan kesepakatan, mantan Bupati Siak dua periode ini juga sudah mengingatkan Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota di Provinsi Riau bahwasannya Kementerian Kesehatan RI mempunyai misi peningkatan pelayanan yang ada di daerah.

“Harapan kami bagi Kabupaten/ Kota yang mampu mempersiapkan alat kesehatan termasuk dokternya sesuai misi Kementerian Kesehatan tentu akan membantu Rumah Sakit yang ada di kota Pekanbaru ini,” harapnya.*