Pertahankan Prestasi Juara Umum, Riau Siap Gelar Porwil Sumatera XI

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H. Edy Natar Nasution berharap Provinsi Riau dapat mempertahankan predikat Juara Umum pada Pesta Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI, yang akan diadakan pada 4-14 November 2023 mendatang.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H. Edy Natar Nasution berharap Provinsi Riau dapat mempertahankan predikat Juara Umum pada Pesta Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI, yang akan diadakan pada 4-14 November 2023 mendatang. Selain menjadi tuan rumah Porwil Sumatera XI, Riau berambisi untuk meraih kesuksesan baik dalam penyelenggaraan maupun prestasi atletnya.

“Saat Porwil Sumatera IX dan Porwil Sumatera X, Provinsi Riau telah berhasil menjadi Juara Umum. Kini, sebagai tuan rumah, kita berharap dapat mencapai prestasi tersebut lagi,” ujar Wagubri.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wagubri H. Edy Natar Nasution saat menerima audensi dari Ketua PB Porwil Sumatera XI, H. Joni Irwan, yang didampingi oleh Ketua Umum KONI Riau, H. Iskandar Husein, Wakil Ketua Umum, Khairul Fahmi, Kadispora Riau, H. Bobby Rachmat, dan Ketua Bidang Kerjasama KONI Riau, H. Zulmansyah Sekedang, di kediamannya pada Minggu pagi (30/7/2023).

Wagubri H. Edy Natar Nasution juga berharap agar ajang multi cabang olah raga Porwil Sumatera XI menjadi “Kado Terindah” dari Gubernur Riau, H. Syamsuar, dan dirinya bagi masyarakat Riau di akhir masa jabatannya.

Menurut Ketua PB Porwil Sumatera XI, H. Joni Irwan, ajang Porwil akan berlangsung dari 4 hingga 14 November 2023, dengan total 114 nomor pertandingan dari 10 cabang olah raga (Cabor) berbeda, termasuk atletik, barongsai, bola tangan, bola voli indoor, catur, e-sport, wushu, renang, sepakbola, dan sepak takraw.

“Pertandingan mayoritas cabor akan berlangsung di Kota Pekanbaru, sementara untuk cabang olah raga atletik, akan dipertandingkan di Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar,” jelas Joni Irwan.

Seluruh Technical Delegate (TD) untuk masing-masing cabang olah raga sudah berada di Kota Pekanbaru untuk meninjau venue dan sarana pendukung. Beberapa venue telah disetujui untuk digunakan sebagai lokasi pertandingan, sementara yang lainnya masih membutuhkan perbaikan.

BACA JUGA:  PT KPI Unit Sei Pakning Gandeng PSPI Unilak

“Riau telah siap sebagai tuan rumah Porwil Sumatera XI. Berbagai rekomendasi dari TD cabor akan menjadi perhatian PB Porwil untuk ditindaklanjuti menjelang pelaksanaan Porwil pada November mendatang,” lapor Joni Irwan.

Pada kesempatan tersebut, Joni Irwan juga memohon kesediaan Wagubri untuk meluncurkan logo dan maskot Porwil Sumatera XI dalam acara malam itu, yang akan dihadiri oleh TD dan perwakilan KONI se-Sumatera, di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Ketua Umum KONI Riau, H. Iskandar Husein, menyatakan bahwa tujuan dari Porwil Sumatera XI adalah sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi olahraga. Riau memiliki target untuk meraih Juara Umum Porwil Sumatera tiga kali berturut-turut, terutama karena Porwil kali ini diadakan di tanah asal Riau.

Selain itu, Iskandar Husein berharap agar tim sepak bola Riau dapat lolos pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang diselenggarakan di Sumatera Utara dan Aceh. Tim sepak bola Riau sebelumnya hanya pernah lolos pada saat Provinsi Riau menjadi tuan rumah PON 2012.

Bobby Rachmat, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, menyatakan bahwa pihaknya akan berupaya agar seluruh venue untuk 10 cabang olah raga Porwil tersedia sesuai dengan rekomendasi TD cabor. Dispora Riau juga telah menjalin komunikasi dengan pihak swasta dan universitas di Riau untuk menggunakan venue mereka, seperti untuk pertandingan sepak bola, barongsai, dan cabang lainnya.

Pertemuan antara PB Porwil Sumatera XI, KONI Riau, dan Wagubri berlangsung dengan akrab dan penuh semangat, yang ditambah dengan kesenangan mereka menikmati makan sate bersama-sama.*