PHR Gelar Digital Day 2023, Pamerkan Teknologi Digital Pendukung Capaian Target Produksi Blok Rokan

Manajemen PHR WK Rokan tengah mengamati salah satu teknologi digital saat acara Digital Day 2023 di Gedung Pertemuan RCC Rumbai, Pekanbaru, Selasa (7/11/2023).Foto: Ist

BeritaAzam.com, Pekanbaru – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar ‘Digital Day 2023’ yang memamerkan berbagai teknologi berbasis digital di PHR Wilayah Kerja (WK) Rokan. Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen PHR dalam menerapkan sistem digital yang sarat dengan inovasi dalam upaya mendukung keamanan dan produksi di Blok Rokan.

PHR Digital Day 2023 dibuka oleh EVP Business Support PHR WK Rokan Irfan Zaenuri di Gedung Rumbai Country Club (RCC), Kompleks Perkantoran PHR Rumbai, Pekanbaru, Selasa (7/11/2023). Direktur Utama PHR Chalid Said Salim melalui video mengatakan, PHR Digital Day 2023 merupakan pameran teknologi 4.0 yang telah diimplementasikan di WK Rokan. Kegiatan ini merupakan implementasi nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK), khususnya nilai Adaptif yang yang secara terus menerus mengikuti perkembangan teknologi.

“Serta meningkatkan kepiawaian digital dan mempercepat proses transformasi digital di WK Rokan. Kegiatan ini juga menjadi sarana berkumpulnya tenaga kerja PHR untuk menghasilkan inovasi digital dalam mendukung capaian target produksi,” kata Chalid.

Chalid mengatakan, PHR WK Rokan telah menghasilkan inovasi digital yang telah diakui baik tingkat nasional maupun internasional. PHR juga menjadikan digitalisasi sebagai budaya kerja di WK Rokan.

“Transformasi digital adalah tantangan bersama untuk diterapkan di semua lini operasi. Untuk itu, seluruh fungsi berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, sehingga dapat meningkatkan inovasi dan kolaborasi di WK Rokan,” katanya.

Sementara itu, EVP Business Support PHR WK Rokan Irfan Zaenuri mengatakan, sejak alih kelola WK Rokan pada 2021 lalu, hingga kini PHR terus menunjukkan inovasi di bidang Informasi dan Teknologi (IT). “IT PHR WK Rokan saat ini sudah di tahap komparasi dan PHR terus melakukan pengembangan, terutama penggunaan IT untuk bidang security (keamanan) yang menunjang kegiatan hulu migas (upstream) dalam mencapai target produksi,” kata Irfan.

BACA JUGA:  LKJ Raja Ali Kelana 2023 Dimulai

Irfan menambahkan, Digital Day 2023 hadir dengan visi dan misi untuk meningkatkan digital dextery atau kemahiran digital dari seluruh fungsi PHR di WK Rokan. Dalam era digital 4.0 saat ini, digital talent tidak lagi ekslusif di dalam fungsi IT saja, tetapi juga diperlukan di seluruh fungsi PHR WK Rokan.

“Hal ini tentu memerlukan dukungan dari seluruh level, termasuk pimpinan fungsi, di mana kita bersama-sama melihat perkembangan teknologi digital dan mendukung terbentuknya budaya digital (digital culture) yang akan membentuk tumbuhnya digital talent di PHR,” katanya.

PHR Digital Day 2023, memamerkan berbagai inovasi bidang teknologi digital yang diterapkan dalam kegiatan operasi PHR WK Rokan. Di antaranya Integrated Exception Management, Field Operator Mobile Inspection, Digital Twin, Heavy Equipment Fleet Monitoring, Industrial IOT,Under Suspension Load AI Computer Vision dan Robotic Process Automation.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga menyajikan fasilitas pengalaman digital (digital experiences) yang bisa dijajal langsung oleh pengunjung. Di antaranya metavers yang menyajikan pengalaman secara virtual terkait ruang data 3 dimensi (3D data room), drilling operation roomyakni merasakan pengalaman langsung secara virtual terkait dengan kegiatan pengeboran, serta virtual core room yakni pengalaman secara virtual bagaimana menganalisa potensi bebatuan terkait pengeboran.

Pengunjung Digital Day juga bisa melihat kecanggihan computer vision, yakni fasilitas teknologi dalam mendeteksi dan menganalisa situasi di lapangan pengeboran, seperti pergerakan pekerja dan alat berat, memonitor tingkatan air di lapangan serta akses CCTV di lapangan.*