Pj Wali Kota Pekanbaru dan Rumah Sunting Bahas Puncak Perayaan Hari Puisi 2022

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP, M.AP menerima kedatangan segenap pengurus Komunitas Seni Rumah Sunting Pekanbaru di ruang kerjanya. Foto: Istimewa

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP, M.AP menerima kedatangan segenap pengurus Komunitas Seni Rumah Sunting Pekanbaru di ruang kerjanya, Kamis, 20 Oktober 2022. Kedatangan Rumah Sunting ini untuk membahas rencana perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) tahun 2022 di Riau yang dipusatkan di Kota Pekanbaru.

Perayaan HPI di Riau yang digagas oleh seniman, penulis dan penyair perempuan Riau Kunni Masrohanti dan dilaksanakan Rumah Sunting setiap tahun ini, rencananya dilaksanakan tanggal 21-22 November mendatang.

“Mengingat waktu satu bulan lagi, maka kami datamg ke sini untuk bersinergi menyukseskan kegiatan yang dipusatkan di Kota Pekanbaru. Insyaallah, kami mengundang seniman dan penyair di kabupaten/kota di Riau dan provinsi lain untuk bersama-sama merefleksikan puisi dalam berbagai bentuk karya. Tidak hanya baca puisi, tapi bisa muaikalisasi puisi, teatrikal puisi dan lain-lain. Untuk itu kami berharap dukungan dari Pemko Pekanbaru melalui Pak Pj Wali Kota demi kesuksesan dan kelancaran acara ini,” jelas Kunni kepada Muflihun.

Kunni yang datang bersama pengurus lain Siti Salmah dan Yanda Rahmanto kembali menjelaskan, selain panggung puisi juga ada seninar dan Jelajah Budaya Kota Pekanbaru.

“Tanggal 22 November ini puncak perayaan HPI. Sebelum itu, sejak dua bulan lalu, kami sudah mulai merayakan di beberapa kabupaten/kota dari 9 kabupaten/kota yang menjadi target kami. Mengapa 9 kabupaten/kota dan Pekanbaru sebagai kota ke sepuluh, karena tahun ini HPI ke-10. Jadi kami laksanakan di 10 kabupaten atau 10 titik dan puncaknya di Pekanbaru,” jelas Kunni selaku founder Rumah Sunting.

Menanggapi rencana teraebut, Muflihun yang menyimak apa yang disampaikan Kunni sejak awal, langsung memberikan tanggapan positif. Ia terlihat santai dan akrab.

“Tentu kami sangat senang dan mendukung rencana kegiatan Perayaan Hari Puisi Indonesia yang digagas Rumah Sunting di Kota Pekanbaru ini. Apa yang perlu dibantu nanti dikomunikasikan lagi mengingat waktu pelaksanaannya juha masih satu bulan lagi. Semangat yaa,” kata Muflihun ramah.

Selain menyampaikan rencana perayaan Hari Puisi, Kunni dan kawan-kawan juga mendiskusikan tentang pentingnya kegiatan literasi. Salah satunya Kemah Literasi Kota Pekanbaru yang juga sedang mereka rencanakan.*