Polda Riau Menggelar Diskusi Panel Pemilu Damai, Aman dan Kondusif

Suasana Diskusi Panel Pemilu Damai, Aman dan Kondusif

BeritaAzam.com, Pekanbaru — Direktorat Intelkam Polda Riau, menggelar kegiatan diskusi panel wujudkan pemilu tahun 2024 yang damai aman dan kondusif di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Selasa (28/2/2023).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakapolda Riau Brigjen Pol Kasian Rahmadi digelar di Hotel Pangeran Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (28/2/2023).

Dikegiatan ini, Wakapolda menjelaskan, diskusi digelar untuk mengurai permasalahan seputar keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, sekaligus menyamakan persepsi tentang peran semua stakeholder yang terlibat.

Agar diskusi panel ini mengena, panitia menghadirkan sejumlah pembicara terkait seperti Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir dan Karo Ops Polda Riau, Kombes Pol R Kasero Manggolo, serta Kaban Kesbangpol Riau, Jenri Salmon Ginting.

Selain itu, turut hadir undangan lainnya seperti Dir Intelkam Polda Riau, Kombes Pol Sutrisno perwakilan Forkompimda ketua partai se-provinsi Riau dan ketua partai seluruh Kabupaten dan Kota serta personil jajaran Dit Intelkam Polda Riau.

“Ada tiga elemen untuk mewujudkan pemilu yang aman tertib dan kondusif tahun 2024 mendatang,” kata Wakapolda mengawali kata sambutannya.

Memulai diskusi, Wakapolda menyampaikan, terkait regulasi di dalam pemilu apakah memasang foto apakah itu sudah masuk dalam kampanye.

Selanjutnya, apakah menggelar sosialisasi dengan membawa bendera dan nomornya apakah itu sudah masuk aturan pemilu dan sebagainya.

Kedua, sambung Brigjen Pol Kasian Rahmadi, apakah harus ada sebuah persiapan dan persamaan baik itu KPU nya maupun peserta pemilunya dan terutama kesiapan dari kepolisian.

Lanjut Wakapolda, bagaimana cara konsisten mengajak masyarakat dalam mengikuti pemilu yang baik dan benar, baik kesiapan kesiapan dari kontestan.

“Saya berharap kita semua bisa berkontribusi dalam menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,” harap Wakapolda.

BACA JUGA:  Festival Pendidikan Astra 2023: Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan dalam Keberagaman dan Kesetaraan

Maka dari itu, Wakapolda menyampaikan, persamaan persepsi tentang peran masing-masing merupakan ikhtiar untuk mengurai permasalahan seputar keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kepada seluruh pembicara dan undangan, Wakapolda mengatakan, pentingnya pemahaman bersama untuk menyikapi masalah Pemilu baik itu pelanggaran tahapan maupun sengketa hasil,

“Diskusi panel ini untuk menyelesaikan permasalahan melalui kanal yang tersedia sesuai Undang-undang,” ucap Wakapolda.

Wakapolda menekankan, agar pemilu di 2024 terlaksana dengan aman perlu adanya kewajiban kontribusi semua pihak seperti TNI-Polri, serta seluruh stakeholder memberikan informasi yang lengkap, cepat dan akurat kepada masyarakat.

Terakhir Wakapolda menegaskan, bahwa Polda Riau siap melaksanakan Pengamanan Tahapan Pemilu Tahun 2024.

“Mari bersama-sama kita wujudkan ketertiban dan kenyamanan masyarakat dalam agenda Pemilu Tahun 2024 ini,” tegas Wakapolda Riau.*

Optimized by Optimole