Polda Riau Rakor Fungsi Security Bersama PHR Terkait Pengamanan WK Rokan

Polda Riau menggelar rapat koordinasi (rakor) fungsi Security terkait pengamanan Objek Vital Nasional (Obvitnas) di Wilayah Kerja (WK) Blok Rokan bersama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Rabu (07/06/2023) pagi.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggelar rapat koordinasi (rakor) fungsi Security terkait pengamanan Objek Vital Nasional (Obvitnas) di Wilayah Kerja (WK) Blok Rokan bersama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Rabu (07/06/2023) pagi.

Rakor ini dihadiri Irwasda Polda Riau, Karo Ops, Karo SDM, Dir Intelkam, Dir Reskrimum, Dir Reskrimsus, Dir Samapta, Dir Pam Obvit, Kapolres Dumai, Kapolres Bengkalis, Kapolres Rohil, Kapolres Rohul, Kapolres Siak serta Kapolres Kampar

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam arahannya mengatakan, saat ini PHR maupun Polda Riau saling bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya menjaga keamanan dan meningkatkan produksi energi bagi negeri.

“Kita ingin agar sinergitas dan kolaborasi antara PHR dan Polri bisa ditingkatkan lagi,” kata Irjen Iqbal dalam arahannya.

Kapolda menegaskan, pihaknya akan melakukan kerja luar biasa dalam upaya menjaga keamanan produksi perusahaan migas yang menjadi tulang punggung energi nasional tersebut.

“Kami ingin memberikan kontribusi lebih kepada negara, terutama dalam menjaga objek vital nasional ini, terlebih PHR merupakan tulang punggung energi nasional, sehingga stabilitas keamanan jadi penting sekali, terutama dalam kegiatan ekspolorasi dan lainnya. Dinamika yang ada harus bisa kita tangani bersama,” kata Irjen Iqbal.

Kapolda menjelaskan, selama 2022 hingga Mei 2023, tercatat sebanyak 22 kali gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang terjadi di WK Blok Rokan. Di antaranya kasus pencurian kabel yang mana dampaknya luar biasa, ekspolorasi bisa terhenti dan sumbangan minyak yang menjadi sumbangan devisa jadi terganggu yang juga menyebabkan rakyat dan stabilitas keamanan jadi terganggu.

Untuk itu, kata Kapolda, dalam rakor ini pihaknya membawa seluruh Kapolres yang ada di WK Blok Rokan serta Pejabat Utama (PJU) Polda Riau untuk sama-sama bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di WK Blok Rokan.

BACA JUGA:  Pro-kontra Piala Dunia U-20 Jadi Percakapan Terpopuler Warganet pada Januari-Maret 2023

“Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di Rokan perlu kita lakukan upaya pencegahan. Untuk itu semua perjabat terkait perlu menegakkan upaya pencegahan ini dan kenali medannya,” katanya.

Irjen Iqbal menambahkan, dirinya akan tegas terhadap jajaran Polda di WK Blok Rokan dalam upaya menjaga keamanan tersebut.

“Saya juga akan terus mengecek wilayah hukum mana yang banyak gangguannya dan akan kita tekan. Semoga sinergitas dan kolaborasi kita semakin baik dan membawa hasil yang positif bagi Ibu Pertiwi,” tegas Irjen Iqbal.

Sementara, Direktur Utama PHR Chalid Said Salim mengapresiasi langkah Polda Riau dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di WK Blok Rokan. Dia mengatakan, sinergitas dan kolaborasi antara PHR dan Polda Riau harus terus dilanjutkan dan ditingkatkan dalam upaya menjamin produksi dan ketersediaan energi negeri.

“Kami menyampaikan apresiasi atas kontribusi besar Polda Riau. Di mana jika kerja aman dan nyaman akan berdampak pada produktifiitas yang besar dan kegiatan operasi berjalan dengan baik. Rencana kerja PHR ini jangka panjang dengan beberapa pekerjaan yang besar, sehingga sinergi dengan Polda Riau sangat membantu kami,” kata Chalid.

Chalid mengatakan, pihaknya juga berharap bisa bisa berkolaborasi dalam hal teknologi, di mana PHR menerapkan inovasi teknologi dalam upaya menjaga keamanan di WK Blok Rokan. Chalid yakin, jika inovasi teknologi di PHR bisa dikolaborasikan dengan inovasi teknologi yang ada di Polri, maka bisa semakin meningkatkan keamanan di Blok Rokan.

“Kami akan improvisasi terus sinergitas dan kolaborasi dengan Polda Riau agar keamanan di WK Blok Rokan terus terjaga. Kami juga melakukan inovasi teknologi dalam upaya menjaga keamanan dan kami siap berkolaborasi terlebih Polda Riau juga memilliki inovasi teknologi dalam upaya menjaga keamanan dan penegakan hukum. Semoga kolaborasi ini membuahkan hasil positif dalam upaya peningkatan produksi Blok Rokan,” jelas Chalid.

BACA JUGA:  Menggunakan Mobil Listrik Bukan Pamer Kemewahan

Sementara itu, Manager Security PHR WK Rokan Zulkarnain Danie mengatakan, beberapa inovasi teknologi telah diterapkan PHR dalam upaya menjaga keamanan di WK Blok Rokan. Di antaranya, menempatkan sekitar 220 CCTV di berbagai titik WK Blok Rokan untuk memantau situasi secara real time di sekitar wilayah operasi. Selain itu, PHR juga enerapkan GPS tracking pada setiap kendaraan operasional PHR sebagai antisipasi dan upaya melacak tindak kriminal yang dilakukan pekerja dengan menggunakan kendaraan perusahaan.

PHR juga menempatkan kamera tersembunyi yang tersebar di berbagai titik operasi untuk menemukan bukti tindak kejahatan. Para petugas keamanan PHR khususnya di bagian access control juga mengenakan kamera di badan (body camera) untuk mengawasi dan mendapatkan bukti pelanggaran.

“Bahkan, kami juga sudah melakukan uji coba teknologi baru kamera pengenalan wajah (face recognition) yakni kamera dengan kemampuan kecerdasan buatan untuk mendeteksi wajah seseorang dan juga bisa mendeteksi titik api. Selain itu, kami juga mempelajari potensi patroli keamanan (security patrol) menggunakan drone untuk area yang susah dijangkau,” kata Zulkarnain.*