PT KPI RU Dumai Gelar Seminar Kesehatan Gizi Bagi Pekerja

BeritaAzam.com, Dumai – Kesehatan pekerja merupakan aset penting yang menjadi salah satu perhatian perusahaan. Atas dasar hal tersebut, pada Selasa 20 Desember 2022 di Balai Pertemuan Sasana Mitra (BPSM) Bukit Datuk, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menggelar seminar kesehatan terkait gizi dan kalori.

Seminar yang digelar dengan tajuk “Edukasi Perhitungan Kebutuhan Kalori dan Penyusunan Menu Gizi Sehat” itu merupakan salah satu upaya mencegah berat badan berlebih, sindrom metabolik dan penyakit degeneratif akibat kelebihan gizi (obesitas).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 88 tahun 2019 gizi kerja diatur sebagai salah satu upaya peningkatan kesehatan. Gizi berhubungan dengan makanan yang berbentuk kalori yang dibutuhkan tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan yang disediakan oleh perusahaan semestinya sudah melewati quality control baik itu dari segi hygiene sanitasi maupun kandungan gizi yang ada didalamnya.

General Manager PT KPI RU II Dumai, Didik Subagyo dalam sambutannya saat membuka seminar tersebut mengatakan, melalui seminar ini diharapkan semua PIC konsumsi setiap kegiatan rapat perusahaan dan penyedia konsumsi dapat memberikan makanan sesuai dengan anjuran yang telah disarankan ahli gizi.

Di kesempatan yang sama Section Head Health, dr Hengki Ferdianto, menyampaikan bahwa pihaknya juga telah menyusun program menggunakan metode 4S yaitu Sport Sensation, Smart Eating, Sleep Well dan Stress Management (4S) yang dapat di terapkan para Pekerja dalam menjaga kesehatannya.

“Dengan adanya program ini, pekerja dapat menerapkan pola hidup sehat dan dapat meningkatkan derajat kesehatan dilingkungan kerja PT KPI RU Dumai,” ujang Hengki.

Hengki juga menyebutkan bahwa seminar ini merupakan salah satu upaya mewujudkan Smart Eating bagi para Pekerja dan Mitra kerja PT KPI RU Dumai.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, bisa diimplementasikan di lingkungan kerja PT KPI RU Dumai, dan kesehatan pekerja semakin meningkat,” tutup Hengki.

Dalam seminar tersebut, PT KPI RU Dumai menghadirkan dua orang narasumber yang merupakan expert di bidang gizi dan makanan yaitu Fandi Imran P, S.Tr.Gz., RD., AIFO dan Monica Dean, S. Tr.Gz. Kegiatan ini diikuti oleh semua penanggung jawab konsumsi makanan di lingkungan PT KPI RU Dumai dan semua vendor dibawah naungan Koperasi Wanita Patra.*