Rektor Unilak Pimpin Upacara Dirgahayu Republik Indonesia, Ini Pesan Rektor

Beritaazamcom, Pekanbaru – Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekan RI ke 77 RI di Universitas Lancang Kuning (Unilak) berjalan lancar dan khidmat. Upacara dilaksanakan di lapangan sepakbola, Rabu (17/08/2022).

Lebih dari 300 peserta mengikuti upacara. Diantaranya hadir Wakil Rektor II Harde SE MM< Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto,SH,MH, Dekan, Kepala Bidang/lembaga, dosen, karyawan, telah hadir sejak pukul enam tiga puluh pagi. Dengan menggunakan seragam baju batik  para peserta upacara telah berbaris di lapangan sepakbola Unilak.

Tepat pukul 07.15, pelaksanaan upacara Kemerdekaan HUT RI ke 77 dimulai, bertindak sebagai pemimpin upacara Rektor Unilak Dr Junaidi SS.M.Hum sementara petugas pengibar bendera dan komandan upacara dari resimen mahasiswa Unilak.

Detik-detik pengibaran bendera di lapangan sepakbola Unilak pun berjalan dengan sukses dan lancar, bendera merah putih berkibar dengan sempurna. Selain pengibaran bendera, di saat upacara juga di lakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 dan Janji Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Unilak Dr Junaidi dalam amanatnya menyebutkan peringatan Dirgahayu RI pada 17 Agustus 2022 tentu ini menjadi karunia Tuhan yang harus kita syukuri, bahwa kita pada saat ini merasakan kemerdekaan itu kita harus mengisi kemerdekaan kita mendukung program-program pemerintah dalam memajukan Indonesia.

Tema  peringatan hari jadi Indonesia pada tahun ini adalah pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat ini memberikan makna kepada kita semua bahwa Indonesia dunia baru saja dilanda oleh wabah covid 19 dan ini membuat kita harus cepat untuk melakukan pemulihan pemulihan dari sisi kesehatan pemulihan dari sisi ekonomi tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk tetap bangkit lebih kuat bangkit lebih kuat untuk menyelamatkan bangsa ini untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia.

“Kita harus memaknai peringatan ini dalam konteks Universitas Lancang Kuning bahwa kita harus meningkatkan profesionalitas kita dalam menjalankan tugas di Universitas Lancang Kuning. Tugas pokok kita sebagai dosen dan sebagai karyawan harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tupoksi yang telah ditetapkan. Kita para pendidik dan dosen yang akan melahirkan insan-insan kita memiliki tanggung jawab untuk memajukan SDM di Indonesia. Pada kesempatan ini mari kita kuatkan tekad, kita kuatkan untuk bekerja lebih baik, bekerja lebih profesional sehingga ini akan memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia,” ucapnya.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan perlombaan dalam rangka untuk memeriahkan HUT RI, diantaranya lomba makan kerupuk, lomba makan biskuit, lomba sendok kelereng, lomba pacu goni, lomba joget balon. Dalam memeriahkan hut RI ini panitia juga telah menyediakan berbagai hadiah untuk para pemenang.

Ketua Panitia Lomba Wenti Sastrawita.S.Kom.MM yang juga Kepala Biro Administrasi Umum mengatakan, berbagai lomba digelar dalam rangka untuk memeriahkan HUT RI ke 77 selain itu untuk memupuk rasa kekompokan dan kebersamaan di lingkungan pegawai Unilak, dan dosen sehingga di harapkan tercipta semangat untuk bekerja, budaya disiplin dan kekompakan, persatuan dan kesatauan terjalin semakin erat.*