Riau Jadi Provinsi Pertama di Indonesia Terapkan Kecerdasan Buatan (IA) di Sekolah

Pemerintah Provinsi Riau terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (IA) untuk memperkaya proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Gubernur Riau, Syamsuar, melakukan kunjungan pada Selasa (24/10/23) petang untuk melihat penggunaan IA dalam pembelajaran di SMAN 02 Bangkinang, Kampar.

BeritaAzam.com, Kampar – Pemerintah Provinsi Riau terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (IA) untuk memperkaya proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Gubernur Riau, Syamsuar, melakukan kunjungan pada Selasa (24/10/23) petang untuk melihat penggunaan IA dalam pembelajaran di SMAN 02 Bangkinang, Kampar.

Syamsuar berbagi keyakinan bahwa anak-anak Riau akan menjadi generasi cerdas dan terampil dalam pemanfaatan teknologi di masa depan. Sambil menyaksikan siswa-siswi SMAN 02 Bangkinang mengoperasikan IA di personal computer (PC) mereka, Gubernur menyatakan optimisme tersebut.

Praktisi IA dan juga Vice Rector for Research & Development Digital Advancement Osaka Japan & UICI, Indonesia, Prof. Dr. Eng Jaswar Koto, yang berkolaborasi dengan Pemprov Riau dalam membangun sistem pendidikan berbasis IA, mengungkapkan bahwa Riau adalah provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan IA dalam pembelajaran.

Prof. Jaswar, yang juga merupakan anak asli Riau, menyampaikan kebanggaannya atas langkah inovatif yang diambil oleh Pemprov Riau. Ia menjelaskan bahwa IA saat ini sudah digunakan di beberapa sekolah menengah atas (SMA) di Riau dengan menggunakan PC.

“Kita berharap bahwa dengan dukungan Bapak Gubernur, kita akan dapat mengintegrasikan IA ke dalam perangkat Android di masa depan. Selanjutnya, kita akan mengadakan Olimpiade IA untuk memastikan bahwa anak-anak kita memiliki kemampuan setara dengan negara-negara maju,” ungkap Prof. Jaswar.

Dalam harmonisasi dengan visi Gubri Syamsuar, Prof. Jaswar meyakini bahwa anak-anak Riau akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan beasiswa, membuktikan potensi mereka di tingkat internasional.

Kunjungan Gubri Syamsuar juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, Erisman Yahya.*

BACA JUGA:  Polda Riau Musnahkan 13 Kg Sabu dan 269 Pil Ektasi Milik 15 Kurir Internasional