Sambut Momen Bulan K3 Nasional, PT KPI RU Dumai Gelar Berbagai Kegiatan

BeritaAzam.com, Dumai – Guna menyambut momen peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2023, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai mengadakan sejumlah kegiatan terkait momen tersebut yang dimulai Rabu, 18 Januari 2023.

Pjs. General Manager RU Dumai, Khabibullah Khanafie mengatakan rangkaian kegiatan itu dimulai dengan upacara pembukaan bulan K3, yang dihadiri pekerja, mitra kerja dan kontraktor yang digelar di lapangan main office. Pada kesempatan itu juga dibacakan seputar tema bulan K3 PT KPI dan serangkaian rencana kegiatan bulan K3 nasional 2023.

“Para pekerja dan mitra kerja harus memiliki kemampuan untuk mengelola HSSE dan aset integrity yang lebih unggul, guna mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina dan semua harus memahami tentang risiko dan bahaya pekerjaan, serta harus mengetahu cara mengatasi risiko yang dihadapi guna mewujudkan tercapainya Zero Accident,” ungkapnya.

Khanafie menjelaskan pada 2022 lalu banyak tantangan yang telah dihadapi dan PT KPI RU Dumai berhasil melalui hal tersebut, sehingga kedepanya segala tantangan yang bakal terjadi juga harus dihadapi. Karena itu para pekerja dan mitra kerja diharapkan memiliki kemampuan yang unggul.

Dia menambahkan pelaksanaan kegiatan bulan K3 nasional ini berpedoman kepada petunjuk pelaksanaan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 135 Tahun 2022 Tentang ‘’Petunjuk dan Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2023’’, dengan tema nasional “Terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha disetiap tempat kerja.”

Bulan K3 Nasional 2023 di lingkungan PT KPI RU Dumai akan diisi oleh serangkaian kegiatan diantaranya pembukaan Gernas Bulan K3 dan Grand Safety Talk, First Aider Competition, Seminar Pekerja dan Keluarga Pekerja, Rally Foto Flora Fauna di Kawasan Patra Seroja dan Bukit Datuk serta Sosialisasi Hewan Berbisa, Safety Campaign (street campaign), Sertifikasi Operator K3, HSSE Award, Cerdas Cermat, Defensive and Commentary Driving, dan Perlombaan Kontraktor (laporan dan spanduk di lokasi kerja).

Selanjutnya ada juga kegiatan PT KPI Goes to Campus, Lomba Poster, Inspeksi Kendaraan, Eco Innovation Challenge Internal dan Eksternal, Penerapan 5S Good House Keeping (GHK), Lomba Fire Fighting Contest Internal dan Eksternal, Lomba Procedure Emergency Excercise, Sosialisasi Tertib Lalu Lintas dan Penyalahgunaan Narkoba serta Sweeping Kendaraan, Donor Darah, dan ditutup dengan ceremoni penutupan One Day Finish di bulan Februari nanti.

“Semoga dengan serangkaian kegiatan ini, budaya safety dan K3 bisa semakin mengakar di jiwa setiap pekerja, mitra kerja maupun kontraktor di lingkungan RU II, sehingga tercipta kondisi dan suasana yang senantiasa aman,” tutup Khanafie.*