Satu-satunya Tokoh di Riau, Rektor UIR Terima Penghargaan Pembina Olahraga Berprestasi

Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL(foto: istimewa)

Beritaazam.com, Pekanbaru – Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL kembali mendapat penghargaan. Kali ini penghargaan sebagai Pembina Olahraga Berprestasi di Bidang Keolahragaan Provinsi Riau tahun 2022.

Penghargaan tersebut tertuang di dalam Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor: KPTS.1375/IX/2022 tanggal 7 September 2022 tentang Pemberian Penghargaan Kepada Atlet, Pelatih, Mantan Atlet dan Pembina Berprestasi di Bidang Keolahragaan Provinsi Riau Tahun 2022 yang diteken Gubernur Syamsuar.

Dalam lampiran SK, Prof Syafrinaldi menjadi satu-satunya tokoh di Riau yang menerima penghargaan untuk kategori Pembina. Penghargaan lain diberikan kepada atlet, mantan atlet dan pelatih sesuai cabang olahraga.

Adapun nama-nama lengkap peraih penghargaan tersebut adalah, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL/Rektor Universitas Islam Riau (Kategori Pembina). Kemudian Afriyanto (Mantan Atlet Sepaktakraw), Zurriati Darman (Pelatih Kempo), Zulkifli (Pelatih Anggar), Syaifahmi Riski (Atlet Angkat Berat), Nisa Afrawasih (Atlet Anggar), Nasrul (Atlet Bulutangkis), Suhartuti (Atlet Menembak) dan Khairani (Atlet Senam).

Mereka akan mendapat penghargaan antara lain uang masing-masing sebesar Rp15.000.000. Prof Syafrinaldi membenarkan terbitnya Surat Keputusan Gubernur tersebut dan mengaku sudah menerimanya. Hal ini diungkapkan dalam rilis yang dikirim kepada wartawan Sabtu, 10 September 2022 malam.

“Betul Rencananya penghargaan itu akan diberikan oleh Gubernur Pak Syamsuar pada Minggu (11/09/2022) bersempena Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXIX,’’ katanya.

Saat ditanya mengenai pertimbangan Gubri memberikan penghargaan sebagai pembina berprestasi di bidang keolahragaan tersebut, Rektor UIR itu mengaku tak mengetahuinya.

‘’Saya rasa pertanyaan ini lebih tepat dialamatkan kepada pihak yang mengusulkan. Salah satunya ke KONI Provinsi Riau,’’ tambah Guru Besar Fakultas Hukum UIR itu.

Meski demikian Prof Syafrinaldi mengaku senang mendapat apresiasi sebagai pembina berprestasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga serta KONI Provinsi Riau atas penghargaan yang diberikan.

‘’Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi pemicu bagi saya untuk terus mengembangkan dan membina olahraga di Provinsi Riau khususnya di Universitas Islam Riau,’’ tandas Syafrinaldi.

Sejak terpilih menjadi Rektor UIR tahun 2017, Prof Syafrinaldi memang giat melakukan pembinaan dan memfasilitasi diselenggarakannya berbagai event olahraga di Universitas Islam Riau. Termasuk mengirim mahasiswa mengikuti berbagai turnamen antarperguruan tinggi. Misalnya cabang olahraga sepak bola dan petanque.

Baru-baru ini bersempena Milad UIR ke-60, pihak UIR juga menggelar Open Turnamen Archery (Panahan) se Sumatera. Disamping itu dilaksanakan pula pertandingan sepakbola, futsal, bola voly, badminton, tenis meja, tenis lapangan dan petanque.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr Admiral SH MH, berbagai open turnamen tidak semata dilaksanakan UIR pada saat berlangsungnya acara Milad atau Dies Natalis, akan tetapi juga di luar agenda tahunan tersebut.

‘’Saya kira Pak Rektor layak mendapat penghargaan untuk kategori pembina di bidang keolahragaan di Riau. Sebab sejak dari dahulu sampai sekarang, Pak Syaf (Syafrinaldi, red) memang memiliki kepedulian yang tinggi di bidang olahraga. Ditambah lagi, jauh sebelum menjadi Rektor dan Dekan Fakultas Hukum UIR, bapak juga pemain sepakbola yang ikut memperkuat kesebelasan Universitas Islam Riau,’’ ujar Admiral yang ikut dimintai pendapatnya melalui seluler pada Sabtu malam.*