Sebelum Malam Puncak EA VI, Unilak Gelar Entrepreneur Festival

Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, menggelar acara Entrepreneur Festival, di halaman kampus Unilak, Ahad, 13 November 2022. Foto: Istimewa

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, menggelar acara Entrepreneur Festival, di halaman kampus Unilak, Ahad, 13 November 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Entrepreneurship Award (EA) VI tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X.

Entrepreneur Festival atau expo kewirausahaan yang digelar Unilak ini menampilkan poster ide bisnis baru, pameran demonstrasi produk dan/atau usaha dari para finalis Entrepreneurship Award VI tahun 2022.

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Junaidi, mengatakan dalam Entrepreneur Festival pihaknya menampilkan berbagai karya-karya mahasiswa yang masuk dalam finalis Entrepreneurship Award VI. Karya para mahasiswa ini disandingkan dengan produk -produk dari pengurus untuk memotivasi dan membuka mata para mahasiswa.

Untuk diketahui Entrepreneurship Award VI tahun 2022 sendiri diikuti oleh ratusan peserta dari 85 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tanah air.

“Pada Entrepreneurship Award VI kali ini Universitas Lancang Kuning menjadi tuan rumah dan disupport oleh perguruan tinggi swasta di wilayah X yakni Riau, Sumbar, Kepri dan Jambi. Yang menjadi istimewa adalah Entrepreneurship Award kali ini pesertanya datang dari seluruh Indonesia, baik Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi dan Kalimantan,” jelas Junaidi, Ahad, 13 November 2022.

Entrepreneurship Award merupakan ajang pencarian entrepreneurship muda. Ada dua kategori yang diperlombakan yakni Bisnis Plan dan bisnis berjalan. Di kategori Bisnis Plan peserta akan mengajukan rencana bisnis yang mereka buat selanjutnya dipresentasikan kepada dewan juri melalui video. Sedangkan kategori Bisnis Berjalan mahasiswa akan menampilkan karya untuk dinilai apakah bisnis tersebut prospek dan bagaimana perkembangannya.

“Mereka membuat karya dan harus berani menampilkan karya mereka. Kita berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan karena menjadi wadah bagi mahasiswa perguruan tinggi swasta dalam berkreasi terutama menunjukkan kreativitas mereka dalam kewirausahaan,” jelas Rektor Unilak lagi.

Pada kesempatan itu Rektor Junaidi mengatakan para pemenang pada Anugerah Entrepreneurship Award VI tersebut akan diumumkan pada Malam Anugerah Entrepreneurship Award VI, Ahad (13/11/2022) di SKA Co ex Pekanbaru.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar melalui Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, mengatakan pihaknya mengapresiasi diselenggarakannya Entrepreneur Festival yang merupakan rangkaian dari Entrepreneurship Award VI 2022.

Ia menyebut bahwa dunia telah berubah ke arah yang lebih simpel melakukan sesuatu. Jika tidak update dan upgrade dalam melakukan sesuatu maka akan tertinggal jauh dari para pesaing.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini semoga kegiatan ini diselenggarakan di perguruan tinggi lain di Riau,” kata Roni Rakhmat.

Ia mengatakan bahwa entrepreneur jangan dianggap enteng dan remeh karena menjadi andalan. Karena pemerintah mengharapkan banyak lapangan kerja yang bisa dibuka sehingga anak-anak muda tidak lagi bercita-cita menjadi pegawai negeri.

Pada kesempatan itu Kadis Pariwisata mengatakan ada 5 subsektoral andalan di Provinsi Riau yakni kuliner, kriya, perfilman, seni pertunjukan, dan fesyen. Kelima subsektor tersebut bagian dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang dikembangkan pemerintah pusat. Roni mengatakan subsektor ini bisa diambil peluang bisnis bagi anak-anak muda di Riau.

Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, mengatakan Entrepreneurship Award (EA) ini merupakan salah satu jalan perguruan tinggi dalam mendapatkan bibit-bibit muda berjiwa entrepreneur.

Pada kesempatan itu Afdalisma juga menyinggung soal revolusi industri 4.0 yang sangat penting dalam membangun karakter bisnis dan Entrepreneurship mahasiswa.

“Pelaksanaan EA ini salah satu tujuannya adalah mengurangi pengangguran dan mahasiswa mampu membuka lapangan kerja. Sehingga nanti mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi tidak lagi terobsesi menjadi pegawai negeri,” katanya.

Pada kesempatan itu Afdalisma juga mengatakan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada rektor Universitas Lancang Kuning Dr Junaidi karena telah bersedia menjadi host pada acara Entrepreneurship Award VI tahun 2022. Apalagi skop event ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh tanah air.

“Selamat kepada peserta yang masuk menjadi finalis. Teruskan mengembangkan Ilmu pengetahuan, skil dan attitude. Teruslah mengembangkan usaha yang tidak lazim sehingga menjadi entrepreneur yang sukses,” tutupnya.*