Selama GIIAS, FIFGROUP Catat Peningkatan Nilai Pembiayaan 65,32 Persen

Beritaazamcom, Jakarta – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, hadir mengisi kemeriahan pameran terbesar di Asia Tenggara, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City, yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022.

Astra Financial berkomitmen mendukung pemulihan sektor otomotif tersebut melalui partisipasinya dalam acara GIIAS Jakarta 2022. Dalam penyelenggaraannya Astra Financial didukung oleh 9 unit bisnisnya, yaitu FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Maucash, Moxa, dan SEVA.

Setiap unit bisnis menawarkan promo dan hadiah menarik yang khusus dihadirkan selama perhelatan GIIAS Jakarta 2022. Tidak hanya itu, beragam aktivitas menarik lainnya juga hadir dan bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung GIIAS Jakarta 2022 di setiap booth Astra Financial.

Dalam penyelenggaraannya, FIFGROUP melalui layanan pembiayaan FIFASTRA telah berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan kepada lebih dari 320 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama GIIAS Jakarta berlangsung dengan total nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp6,96 miliar hingga closing tanggal 20 Agustus 2022, di mana angka tersebut naik 65,32% dibanding pencapain GIIAS Jakarta 2021 yang hanya mencapai Rp4,21 miliar. Angka tersebut diperkirakan terus meningkat sampai dengan penutupan perhelatan GIIAS Jakarta pada tanggal 21 Agustus 2022.

Pertumbuhan juga dapat dilihat dari pencapaian penyaluran pembiayaan FIFGROUP kepada 320 SPK pada GIIAS Jakarta 2022 per closing (penutupan) tanggal 20 Agusuts 2022, di mana angka tersebut naik 48,15% dibanding perhelatan GIIAS Jakarta 2021 yang hanya mencapai 216 SPK. FIFGROUP juga berhasil mendapatkan pencapaian rata-rata sebesar 119,0% setiap harinya sejak pembukaan booth GIIAS pada tanggal 11 Agustus 2022.

“Hadirnya FIFGROUP dalam penyelenggaraan GIIAS Jakarta 2022 diharapkan dapat mendorong industri otomotif khususnya sepeda motor untuk dapat terus meningkat dan menjadikan FIFGROUP sebagai partner finansial yang dipilih oleh sejumlah pengunjung dalam mewujudkan impiannya,” tutur New Motorcycle (NMC) Financing Marketing Regional I Division Head FIFGROUP, Benny Setiawan, saat ditemui awak media pada Minggu, 21 Agustus 2022.

Agile Hadapi Persaingan
Untuk menghadapi ketatnya persaingan di tengah kelangkaan chip semikonduktor yang menekan stok persediaan sepeda motor pada tipe tertentu, FIFGROUP melakukan beragam cara untuk terus mendorong kinerja FIFASTRA.

“FIFGROUP terus berusaha menghadirkan beragam program-program khusus untuk terus meningkatkan loyalitas mitra dealer kami untuk mendorong peningkatan pangsa pasar,” kata Benny.

Lebih jelas, Benny, juga menyampaikan bahwa FIFGROUP melakukan beragam inovasi dan sinergi dengan menghadirkan pelayanan pembiayaan melalui pameran virtual dan juga berkolaborasi dengan aplikasi Moxa dana FIFADA dalam setiap pengajuan kredit sepeda motor Honda secara digital.

“Kami juga terus menghadirkan inovasi dengan digitalisasi penyediaan pelayanan kami. Digitalisasi yang terus kami kembangkan mengikut customer experience mulai dari sales, order, akuisisi kredit, disbursement/repayment, account management dan retention,” tutur Benny.

Digitalisasi Pelayanan
Transformasi digital sebenarnya telah mulai dilakukan pelaku bisnis beberapa tahun lalu ketika teknologi mendisrupsi bisnis model. Adanya pandemi semakin mempercepat hal ini di mana perilaku pembelian customer pun berubah dan terlihat dari meningkatnya transaksi digital secara signifikan selama pandemi.

Pertumbuhan transaksi digital ini telah menarik perusahaan teknologi untuk masuk ke penyediaan layanan keuangan bagi customer-nya dan tentunya ini melahirkan landscape persaingan baru bagi perusahaan pembiayaan. Namun di sisi lain, semakin familiar customer dengan digital juga melahirkan peluang pertumbuhan bagi perusahaan termasuk FIFGROUP melalui inovasi baik dalam menjangkau customer secara lebih luas, biaya operasional yang lebih efisien, kolaborasi dengan partner dalam menawarkan akses, produk dan layanan yang lebih lengkap kepada customer.

FIFGROUP terus melakukan akselerasi digitalisasi yang tidak hanya berfokus pada proses internal, namun juga pada produk dan layanan yang langsung dapat dirasakan customer dan partner bisnisnya, sehingga prosesnya bisa lebih cepat, lebih mudah dan handal.

Untuk menjawab tantangan di era digital dan pasca-Covid, FIFGROUP telah menyediakan pelayanan digital dan contactless service yang bertujuan untuk membentuk Omni Channel Experience. Terdapat beragam layanan komunikasi yang dapat diakses customer tanpa harus keluar rumah, yakni melalui aplikasi FIFGROUP Mobile Customer (FMC) dan chatting dengan Virtual Customer Service Fiona yang dapat diakses dari aplikasi multichannel seperti Facebook, Whatsapp, & Website FIFGROUP (https://fifgroup.co.id). FIFGROUP juga berkolaborasi dengan AstraPay, sehingga customer dapat melakukan proses pembayaran angsuran secara online dan lebih mudah.

Selain itu, sejak 2020 pembayaran cicilan dari seluruh produk jasa keuangan FIFGROUP sudah dapat menggunakan AstraPay, sehingga semua customer sudah bisa menikmati transaksi cashless terutama selama masa pandemi.

Sedangkan bagi customer yang belum terbiasa menggunakan layanan digital, FIFGROUP memiliki Contact Center HaloFIF yang dapat mengakomodir kebutuhan informasi dan penyampaian keluhan melalui telepon ke 1500-343(FIF) dan email ke halofif@fifgroup.astra.co.id.

Dalam rangka memenuhi protokol membatasi durasi layanan di kantor cabang selama masa pandemi, kantor cabang FIFGROUP dilengkapi dengan ISS System yang mengatur customer journey management untuk dapat memecah antrian yang sudah melakukan reservasi dan non-reservasi. Sistem ini mampu mengatur antrian menjadi lebih terarah sesuai kebutuhan customer baik yang dapat dilakukan secara self service maupun bertemu dengan petugas sehingga layanan menjadi lebih cepat dan mengurangi antrian menumpuk di kantor cabang. Layanan self service yang disediakan seperti cetak informasi kontrak dan pembayaran angsuran.

ISS menyediakan layanan pengambilan nomor antrian contactless dari handphone customer dengan cara scan QRcode. Salah satu fitur ISS yang diintegrasikan dengan FIFGROUP Mobile Customer adalah layanan reservasi antrian pengambilan BPKB dan perpanjangan STNK dari rumah sehingga dapat mempersingkat waktu tunggu dan waktu layanan customer selama di kantor cabang FIFGROUP.

Program Berkelanjutan
Di awal tahun 2022, PT FIF berkomitmen untuk terus mewujudkan misi perusahaan, yaitu ‘Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat’ dengan melakukan beragam program keberlanjutan untuk memberikan dampak positif bagi sosial serta lingkungan yang mengacu kepada Environment, Social and Governance (ESG).
Berbagai program yang telah dilaksanakan tersebut masuk ke dalam 4 pilar tanggung jawab sosial perusahaan, yaitu pilar Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan, Lingkungan, dan Pendidikan.

Pada pilar pemberdayaan masyarakat, PT FIF melakukan penyaluran program dana bergulir, di mana pada tahun ini perusahaan menargetkan penyaluran pinjaman modal usaha tanpa bunga tersebut kepada 550 pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah. Program tersebut telah berhasil terlaksana, di mana PT FIF berhasil mencatatkan penyaluran kepada 604 pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Pada pilar kesehatan, sejalan dengan HUT ke-33 Tahun, PT FIF mencanangkan melakukan kegiatan Donor 33.000 Kantong Darah, di mana hingga semester I – 2022, PT FIF telah berhasil mengumpulkan 17.778 kantong darah.

Selain program Donor Darah, PT FIF juga turut menyelenggarakan program posyandu dengan memberikan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan bagi posyandu-posyandu yang tersebar di sejumlah titik. Sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi jumlah anak stunting, PT FIF juga menyalurkan bantuan dengan menargetkan 130 anak stunting di beberapa titik di Indonesia, pada semester I – 2022 Perseroan telah memberikan bantuan kepada 111 anak stunting dengan bekerja sama bersama beberapa posyandu.

Pada pilar lingkungan, PT FIF turut berkontribusi melakukan penanaman pohon di seluruh titik di Indonesia. Sama halnya dengan program Donor Darah, PT FIF dalam merayakan HUT ke-33 tahun, menyelenggarakan kegiatan Tanam 33.000 Pohon Sepanjang Tahun 2022, di mana hingga akhir bulan Juni 2022, perusahaan telah menanam 15.425 pohon di hampir seluruh titik di Indonesia. Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, PT FIF juga turut berkontribusi dengan melakukan pemasangan solar panel berkapasitas 86,4 killowatt-peak di 8 titik cabang PT FIF pada tahun 2022.

Pada pilar pendidikan, PT FIF telah menyelenggarakan beberapa program dalam membantu pendidikan Indonesia, seperti penyaluran bantuan untuk 33 panti asuhan dalam mengembangkan pembinaan santri-santri di Indonesia, Program Pelatihan Guru yang hingga saat ini telah memberikan kebermanfaatan bagi 2.111 guru di Indonesia, Program Jam Sosial Mengajar dengan jumlah siswa yang terdampak sebanyak 496 siswa mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, hingga tingkat Universitas.

Melalui program-program tersebut diharapkan dapat menjadi bagian dari kontribusi PT FIF pada program pemerintah mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan memperluas dampak kebermanfaatan dari program yang diselenggarakan.*

 

#GIIAS2022

#FIFGROUP

#astrafinancial