Sempena Hari Jadi Ke-61, UIR Berikan Penghargaan Kepada Tiga Gubernur Riau

Rektor UIR Syafrinaldi mengunjungi mantan Gubernur Riau Rusli Zainal dikediamannya. Foto: Ist

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Dalam rangka merayakan usianya yang ke-61 tahun, Universitas Islam Riau (UIR) akan memberikan penghargaan kepada tiga mantan Gubernur Riau. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Civitas Akademika UIR atas kontribusi para tokoh ini dalam pengembangan universitas, terutama selama masa kepemimpinan mereka sebagai kepala daerah.

Ketiga tokoh yang akan menerima penghargaan ini adalah HM. Rusli Zainal, SE MP (Gubernur Riau periode 2003-2008 & 2008-2013), Ir H Arsyad Juliandi Rachman MBA (2016-2018), dan Drs H Syamsuar MSi (Gubernur Riau 2019 – hingga sekarang). Di samping ketiga gubernur tersebut, UIR juga akan memberikan penghargaan kepada Prof Dr Stefan Koos (Akademisi dari Universitat der Bundeswehr Munchen, Jerman) yang telah menjadi dosen tamu di Universitas Islam Riau selama 12 tahun.

Mengenai rencana pemberian penghargaan ini, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL bersama dengan Wakil Rektor II Dr Firdaus AR SE, MSi, AK CA dan Wakil Rektor III Dr Admiral SH MH, mengunjungi kediaman Rusli Zainal di Pekanbaru pada Jumat sore (18/08/2023). Kedatangan para pimpinan UIR tersebut bukan hanya untuk bersilaturahmi, tetapi juga untuk memberitahukan mengenai penghargaan yang akan diberikan.

“Insya Allah, Pak RZ berkenan hadir menerima penghargaan. Sementara untuk dua gubernur lainnya, yaitu Pak Syamsuar dan Pak Andi Rahman, kami sedang menjadwalkan pertemuan. Kami telah berkomunikasi langsung dengan keduanya untuk meminta waktu bertemu,” ujar Rektor Syafrinaldi dalam keterangan resmi kepada wartawan pada Jumat malam.

Rencananya, penghargaan kepada ketiga mantan gubernur dan akademisi tersebut akan diserahkan oleh Rektor UIR bersama dengan YLPI (Yayasan Lembaga Pendidikan Islam) Riau saat acara Sidang Istimewa Senat Terbuka dalam rangka peringatan Hari Jadi Universitas Islam Riau, yang akan berlangsung pada Senin, 4 September 2023, di lantai IV Gedung Rektorat.

BACA JUGA:  Indosat Optimalisasi Jaringan di Hampir 400 Titik Pusat Keramaian

Menurut Rektor Syafrinaldi, ketiga tokoh ini dianggap telah memberikan perhatian besar selama masa kepemimpinan mereka sebagai Gubernur Riau. Contohnya, Rusli Zainal telah mengambil kebijakan membangun beberapa fasilitas olahraga di kampus UIR yang awalnya digunakan untuk PON dan kemudian dihibahkan kepada UIR sebagai aset. Begitu juga dengan kontribusi Andi Rachman dalam mendukung pendirian Gedung Rektorat.

“Setiap gubernur memiliki peran yang berbeda. Selain dukungan fisik yang terlihat, mereka juga membantu pelaksanaan prinsip-prinsip pendidikan tinggi di Universitas Islam Riau melalui kebijakan mereka,” jelas Syafrinaldi.

Rektor menambahkan bahwa pemberian penghargaan ini merupakan bagian dari upacara rutin yang dilakukan oleh UIR untuk menghormati individu yang telah berkontribusi dalam pengembangan dan implementasi prinsip-prinsip pendidikan. Pada perayaan Hari Jadi ke-60 UIR tahun lalu, penghargaan juga diberikan kepada Rektor-rektor UIR terdahulu. “Pada tahun ini, kita memberikan penghargaan kepada gubernur. Semoga di tahun-tahun mendatang kita juga bisa memberikan penghargaan serupa kepada tokoh-tokoh lainnya,” tambah Rektor.

Didirikan pada tanggal 4 September 1962, Universitas Islam Riau telah meraih banyak prestasi dan capaian sepanjang 61 tahun perjalanannya. UIR telah menjadi universitas tertua dan terbesar di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X dalam hal jumlah mahasiswa, dosen, program studi, dan kegiatan akademik lainnya.*