Sempena HPN dan HUT PWI ke-77, PWI Riau Silaturahmi Bersama SKK Migas Sumbagut-KKKS

Sempena HPN dan HUT PWI ke-77, PWI Riau Silaturahmi Bersama SKK Migas Sumbagut-KKKS.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dan Panitia Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PWI bersilaturahmi dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), Kamis, 19 Januari 2023 sore.

Silaturahmi perdana dalam rangka HPN tahun 2023 dan HUT ke-77 PWI ini berlangsung dalam suasana penuh keakraban sembari saling berdiskusi seputar publikasi media.

Turut serta dalam rombongan antara lain Bendahara PWI Riau Oberlin Marbun, Wakil Bendahara PWI Riau Herlina, Wakil Ketua PWI Riau Bidang Kerjasama Antar Lembaga Fithriady Syam yang juga Ketua HPN 2023 dan HUT PWI ke-77, Wakil Ketua PWI Riau Bidang Kesra Zulmiron yang juga Wakil Ketua HPN 2023 dan HUT PWI ke-77, Wakil Sekretaris PWI Riau Jinto Lumban Gaol yang juga Sekretaris HPN 2023 dan HUT PWI ke-77 serta sejumlah pengurus lainnya.

Sedangkan dari SKK Migas dihadiri Manager Senior Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison, VP Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto, Media Realation Energi Mega Persada M Hanshardi serta dari Bumi Siak Pusako Nopriandri.

Mengawali perbincangan, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang menyampaikan, kegiatan silaturahmi dan audiensi dengan mitra-mitra PWI ini sudah dijadwalkan dan menjadi agenda yang ditetapkan setiap tahun. Salah satunya adalah SKK Migas Sumbagut dan KKKS.

“Dan gayung bersambut, ternyata teman-teman SKK Migas Sumbagut dan KKKS merespon cepat dan kita bisa melakukan pertemuan pada sore hari ini,” sebut Zulmansyah sembari menyampaikan, silaturahmi PWI ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap Hari Pers Nasional. Ini salah satu bentuk keakraban antara PWI Riau dengan SKK Migas Sumbagut dan KKKS selama ini.

Sebenarnya, sambung Zulmansyah, silaturahmi seperti ini untuk saling berbagi informasi sekaligus mengevaluasi apakah hubungan selama setahun belakangan ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan disempurnakan.

“Intinya kita sangat terbuka dengan berbagai masukkan dari para mitra,” sebut Zulmansyah.

Sebagaimana diketahui, PWI pada 09 Februari 2023 mendatang akan merayakan hari ulang tahun ke-77 sekaligus juga pada tanggal 09 Februari 2023 itu dijadikan Hari Pers Nasional. Secara nasional, HPN dipusatkan di Kota Medan Sumatera Utara. Sedangkan tingkat Provinsi Riau dipusatkan di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.

“Banyak sekali rangkaian kegiatan berkaitan dengan memeriahkan HUT ke-77 PWI juga sekaligus memeriahkan HPN. Yang berat bagi kita itu kegiatan berkaitan dengan HPN di Medan. Karena semua kawan-kawan kita ini kepingin ikut merayakan bersama-sama Presiden Jokowi. Kebetulan tempatnya dekat, di Medan, maka kita sepakati ke Medan dengan bus saja. Tapi yang daftar sudah lebih dari tiga bus,” ujar Zulmansyah.

Pada rangkaian HPN 2023 ini, sebut Zulmansyah, PWI Riau juga mengadakan kegiatan Safari Jurnalistik ke titik nol yakni Sabang. Kegiatan disupport oleh Walikota Sabang dan Kementerian Kehutanan. Sedangkan di tingkat Provinsi Riau yang paling dekat itu bakti sosial donor darah dengan target 77 kantong darah.

“Untuk donor darah ini biasanya disupport teman-teman dari Kepolisian, TNI AD dan Lanud Roesmin Nurjadin. Dan kami juga minta kepada kawan-kawan SKK Migas Sumbagut dan KKKS ikut berpartisipasi pada kegiatan donor darah nanti. Kami tunggu kehadirannya pada tanggal 30 Januari 2023 di Kantor PWI Riau. Itu yang paling dekat. Sedangkan untuk tanggal 5, 6 dan 7 Februari 2023 ada kegiatan turnamen domino, pingpong, gerak jalan santai dan senam sehat. Mitra-mitra yang ingin ikut boleh hadir,” beber Zulmansyah.

Sementara itu, Manager Senior Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison mengaku senang bisa terus berkomunikasi, berinteraksi dan berliterisasi bersama PWI Riau. Karena komitmen SKK Migas Sumbagut adalah selalu ingin maju bersama-sama.

“Jadi untuk kegiatan hulu migas, kadang-kadang kami sulit membantu teman-teman media secara langsung karena ada beberapa-beberapa perubahan efisiensi anggaran yang ada di internal. Namun yang sifatnya supporting kegiatan-kegiatan di PWI dalam rangka untuk memajukan Sumber Daya Manusia para jurnalis Riau dan juga melalui kegiatan-kegiatan ekstra lainnya itu bagian dari proses interaksi hubungan bersama-sama,” ujar Yanin.*