Setiap Jumat, Polsek Payung Sekaki Dirikan Warung Makan Gratis di Jalan Riau

Polsek Payung Sekaki menyediakan warung makan gratis di Jalan Riau, Kota Pekanbaru. Foto: Istimewa

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Polsek Payung Sekaki menyediakan warung makan gratis di Jalan Riau, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, setiap hari Jumat.

Warung makan gratis ini dibuka pukul 10.00 WIB. Setelah dibuka, petugas kepolisian langsung memanggil warga yang melintas untuk diajak makan gratis. Tanpa basa-basi, sejumlah warga langsung merapat.

Kebanyakan yang datang, yakni pengemudi ojek online. Sebab, mereka banyak yang berkeliling di seputaran Jalan Riau.

Selain itu, ada juga karyawan toko, pekerja bangunan, pencari barang rongsokan, dan anak-anak sekolah.

Ratusan warga memadati warung gratis itu. Petugas juga menyediakan tenda dan kursi tempat makan.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi bersama istrinya, Ny Mayang turut hadir untuk bersilaturrahmi dengan warga.

Selain itu, Wakapolresta Pekanbaru AKBP Hengky Poerwanto dan istrinya juga tak mau ketinggalan.

Kemudian, tokoh masyarakat setempat juga ikut bergabung bersama petugas kepolisian.

Sementara Kapolsek Payung Sekaki AKP Nursyafniati bersama ibu-ibu bhayangkari melayani warga yang datang untuk makan.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi mengatakan, warung gratis ini sudah dibuka dua kali oleh Polsek Payung Sekaki.

“Dibuka sejak jumat pekan lalu. Jumat ini buka lagi untuk memberikan makan siang gratis kepada warga,” ujar Pria Budi kepada wartawan.

Dia mengatakan, warung makan gratis ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat.

Namun, warga hanya boleh makan di tempat. Tidak boleh dibawa pulang. “Warung makan gratis ini, merupakan wujud nyata kepedulian Polri dalam upaya membantu masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan di wilayah payung sekaki,” ucap Pria Budi.

“Kenapa hanya boleh makan di tempat, supaya personel Polsek Payung Sekaki dapat bersilaturrahmi dengan warga. Sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, agar tercipta harkamtibmas yang kondusif,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ni Ketut

Makan gratis yang disediakan Polsek Payung Sekaki, lanjut Pria Budi, merupakan dukungan dari para donatur dan kelompok peduli sosial.

Ternyata bukan hanya itu, personel Polsek Payung Sekaki menyisihkan gajinya untuk menyediakan makan gratis buat warga.

“Hari ini disediakan makan gratis 250 porsi. Sumber dananya ada yang dari sumbangan anggota Polsek Payung Sekaki,” sebut Pria Budi.

Pria Budi menambahkan, kegiatan warung gratis makan ditempat ini akan rutin diadakan setiap hari Jumat oleh Polsek Payung Sekaki.

“Ini kan baru Polsek Payung Sekaki yang bikin seperti ini. Semoga bisa dicontoh sama polsek-polsek yang lain,” kata Pria Budi.

Seorang warga, Anton (55) mengaku sangat bersyukur mendapat makan siang gratis dari Polsek Payung Sekaki.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dapat makan gratis dari polisi. Terima kasih buat Bapak Kapolresta Pekanbaru dan juga Ibu Kapolsek Payung Sekaki,” ucap Anton.

Dia mengaku, dari pagi belum makan nasi. Berangkat dari rumah bersama istrinya, Butet Nasution (56) dan seorang cucunya, untuk pergi mencari barang bekas.

“Tadi baru minum air putih dari rumah. Karena cari uang dulu buat beli beras. Tapi, alhamdulillah, ada rezeki makan siang gratis dari polisi. Terima kasih buat bapak dan ibu kepolisian yang sudah berbagi kebaikan. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut. Kalau bisa setiap jumat. Makanannya enak-enak,” tutur Anton yang membawa becak untuk mencari kara-kara.*