FPK Riau Semakin Memperkuat Ikatan Kebangsaan Antar Etnis

FPK Provinsi Riau menggelar silaturahmi akbar Idul Fitri 1444 Hijriyah di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (06/05/2023).

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau menggelar silaturahmi akbar Idul Fitri 1444 Hijriyah di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (06/05/2023).

Silaturahmi akbar ini mengusung tema “Mempererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Ketua Panitia Pelaksana Silahturahmi Akbar FPK Riau, Surachmat mengatakan, maksud dan tujuan acara ini dilaksanakannya untuk menyambungkan tali silaturahim atau persahabatan yang selama ini terputus. Kemudian mempererat tali silaturahim yang sudah ada menjadi lebih erat. Jika itu dilaksanakan dengan baik, maka kedepannya Riau akan bertambah kondusif.

Surachmat mengatakan, ini silahturahmi pertama paguyuban se Riau pasca Ramadhan 1444 Hijriyah. Dan diharapkan silahturahmi ini semakin memperkuat ikatan kebangsaan antar etnis di Bumi Lancang Kuninng. Apalagi menjelang tahun politik 2024.

“Acara ini dikemas santai, namun serius. Dan kegiatan ini berfokus pada silaturahmi antar paguyuban untuk menjaga suasana kondusif. Apalagi menjelang tahun politik 2024,” ujar pria yang biasa disapa Eyang yang juga Ketua Umum Mitra Sunda Riau (Misuri) ini.

Sementara itu, Ketua FPK Provinsi Riau Drs H Auni M Noor menyampaikan, silahturahmi yang diselenggarakan FPK Riau ini dalam rangka merawat pembauran kebangsaan di Provinsi Riau. Karena itu, semakin sering acara silahturahmi diadakan semakin baik pembauran kebangsaan antar etnis.

“Saat ini semua pihak harus bersyukur, bahwa Indonesia bisa bersatu dan harmoni dalam kebinekaan. Untuk itu, kita berharap kepada FPK kabupaten/kota terus melalukan kegiatan silaturahmi. Dan ini merupakan kontribusi kita dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan,” katanya.

Menurut Auni, inti dari pembauran itu adalah silahturahmi. Sakin sering dilaksanakan silahturahmi, maka semakin baik pembauran kebangsaan ini.

Sedangkan, Gubernur Riau diwakili Asisten I Pemprov Riau Masrul Kasmy mengatakan, yang paling penting dalam berkehidupan adalah kenyamanan dan rasa aman bagi setiap etnis.

BACA JUGA:  Tekan Angka Kecelakaan, PHR Dukung Bangun Sarana Jalan Lingkar Barat Duri

“Dengan apa yang kita lakukan ini hal yang bagus. Persoalan apapun kalau kita bersatu pasti mudah dilalui. Kami yakin FPK ke depan akan jadi forum yang bisa memberi pencerahan bagi anak bangsa,” ujar Masrul Kasny seraya menyampaikan, Pemerintah Provinsi Riau memberi perhatian begitu besar kepada forum dan organisasi yang ada di Riau ini, termasuk FPK ini. Buktinya, FPK Riau mendapatkan kucuran bantuan dana hibah dari Pemprov Riau. Artinya, hal ini tidak bisa tidak dianggap penting.*

Optimized by Optimole